Tiga Pelajar SD di Muna Wakili Sulawesi Tenggara Lomba OSN Tingkat Nasional

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 02 Agustus 2024
0 dilihat
Tiga Pelajar SD di Muna Wakili Sulawesi Tenggara Lomba OSN Tingkat Nasional
Kadibud Muna, Rahmat Raeba, didampingi Kabid Pembinaan SD, Kubais dan kepala sekolah saat melepas tiga pelajar yang akan mengikuti lomba OSN. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tiga pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Muna terpilih mewakili Sulawesi Tenggara di ajang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan di Jakarta 5-11 Agustus "

MUNA, TELISIK.ID - Tiga pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Muna terpilih mewakili Sulawesi Tenggara di ajang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan di Jakarta 5-11 Agustus mendatang.

Ketiga pelajar tersebut adalah Muhamad Akbar Al Sarawi, Muhamad Ibrahim Hazir asal SDN 9 Katobu dan Wiliam Natanael Makodompis asal SDN 1 Katobu. Mereka akan ikuti lomba bidang studi matematika.

Kepala SDN 9 Katobu, Iskijah menerangkan, dua pelajar itu terpilih setelah mengikuti seleksi di tingkat sekolah, kabupaten hingga provinsi.

"Alhamdulillah, mereka dinyatakan lolos dengan nilai yang tinggi," kata Iskijah, Jumat (2/8/2024).

Begitu pula dengan Kasek SDN 1 Katobu, Zamain mengaku, anak didiknya bisa lolos berkat kemampuannya yang sangat luar biasa di bidang studi matematika.

Baca Juga: 76 Mahasiswa FPIK UHO Kendari Yudisium, Terbaik Dapat Hadiah Motor dan Tawaran Kerja

Untuk menghadapi lomba tingkat nasional, ketiga pelajar itu terus mendapat bimbingan dari guru pendamping, Ria Wa Ode Tamrin Tonda dan La Ode Abdul Rauf.

"Ketiga pelajar itu akan terus didampingi guru pembimbing hingga di Jakarta," ujar Zamain.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Kubais menerangkan, lomba OSN akan diikuti 115 peserta se-Indonesia. Untuk bidang studi matematika, Sulawesi Tenggara, seluruhnya diwakili dari Muna.

"Ini prestasi luar biasa. Kita berharap mereka bisa mengharumkan nama daerah," pinta Kubais.

Baca Juga: Gelar Lomba Cerdas Cermat, Dikbud Sultra Tingkatkan Literasi Siswa SMP

Sementara itu, Kadikbud Muna, Rahmat Raeba menerakan, terpilihnya tiga pelajar itu bukti bahwa pendidikan di Bumi Sowite unggul dalam prestasi. Karenanya, ia berharap prestasi yang ditorehkan SDN 9 dan SDN 1 Katobu bisa menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya.

Sebagai bentuk dukungan, ia memberikan bonus pada ketiga pelajar itu. Ia juga menjanjikan bonus yang lebih besar, bila ketiga bisa menjadi juara di tingkat nasional.

"Kalian pelajar-pelajar pilihan dan terbaik. Buktikan kemampuanmu. Nanti, bila mendapat juara, saya berikan bonus lagi," tegas Rahmat menyemangati ketiga pelajar yang akan berangkat di Jakarta 4 Agustus. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga