Tiga Sekawan Parigi Raih Juara Satu Syarhil Qur'an di MTQ Kabupaten Muna

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 05 Maret 2024
0 dilihat
Tiga Sekawan Parigi Raih Juara Satu Syarhil Qur'an di MTQ Kabupaten Muna
Sahril Jahra Sonitiro (kiri), Said Akbar Fathona (tengah), dan Sahrul Jahra Sonitiro (kanan), setelah menerima hadiah lomba. Foto: Ist.

" Tiga pemuda asal Parigi, Kabupaten Muna, berhasil meraih juara pertama pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Muna, yang berlangsung 25 Februari hingga 3 Maret 2024 "

MUNA, TELISIK.ID - Tiga pemuda asal Parigi, Kabupaten Muna, berhasil meraih juara pertama pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Muna, yang berlangsung 25 Februari hingga 3 Maret 2024.

Si kembar Sahril Jahra Sonitiro dan Sahrul Jahra Sonitiro serta sahabatnya Said Akbar Fathona yang mewakili Kecamatan Parigi, berhasil meraih juara pertama cabang Syarhil Qur'an. Sahril Jahra Sonitiro sebagai pensyarah, Said Akbar Fathona sebagai tilawah dan Sahrul Jahra Sonitiro sebagai saritilawah.

Uniknya, pada saat persiapan mengikuti perlombaan, si kembar dan sahabatnya sedang berada di tempat yang berjauhan mengejar mimpi masing-masing.

"Untuk persiapan kami berusaha dan bergiat keras untuk menguasai teks di bidang kami masing-masing dikarenakan pula pensyarah kami kuliah di Morosi dan saya di pondok pesantren di Raha jadi selama kami latihan kami berpencar dan hanya saling berkomunikasi lewat HP," tutur Said Akbar, Senin (4/3/2024).

Tiga hari sebelum perlombaannya tiba, mereka berusaha keras untuk menunjukkan yang terbaik dengan melatih kekompakan dan materi yang dihafal. Prestasi para pemuda ini tentu saja tidak luput dari pola didikan orang tua.

Baca Juga: Pemenang Syarhil Qur'an MTQ XXIX Minta Doa di Pentas Nasional

"Sedari kecil saya membimbing si kembar untuk berani tampil di depan umum agar bisa jadi yang ditonton dan bukan menonton," ujar Syamsul, ayah dari Syahrul dan Syahril.

Said Akbar menambahkan, bagaimana pola belajarnya sehingga bisa mendapatkan prestasi seperti sekarang ini.

"Keseharian saya seperti anak remaja pada biasanya. Saya hanya menyisihkan waktu untuk belajar nada atau seni baca Al-Qur'an di saat-saat saya tidak ada pekerjaan," tambahnya.

Baca Juga: Buton Utara Juara 1 Kategori Qira'at Al-Qur'an Murattal Dewasa Putri MTQ XXIX Sultra

Ketiganya merasa sangat gembira dengan prestasi yang berhasil mereka raih dengan perjuangan yang cukup sulit. Sahril mengaku sempat tidak menyangka bahwa ia dan timnya akan menjadi juara. Sebab peserta yang lain juga terbilang hebat saat mengikuti lomba.

“Alhamdulillah senang dan pastinya tidak sangka juara satu karena kalau dipikir-pikir saingan semua hebat dan penampilannya bagus-bagus jadi sempat kaget begitu,” imbuhnya.

Diketahui dari Sahrul bahwa Grup Syarhil Qur'an yang berhasil meraih juara pertama ini akan menjadi perwakilan Kabupaten Muna pada ajang MTQ tingkat provinsi, yang akan diadakan pada pekan keempat bulan April 2024 di Kabupaten Konawe Utara. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga