Tiga Tempat Wisata di Buton Selatan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Jumat, 25 Desember 2020
0 dilihat
Tiga Tempat Wisata di Buton Selatan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan
Wisatawan di Tebing Labulengke. Foto: Ist.

" Jika kamu ingin mengunjungi Buton Selatan ini tiga tempat rekomendasi tempat wisata tak boleh dilewatkan. "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Buton Selatan adalah salah satu daerah yang terletak di kabupaten pemekaran dari Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terkenal akan keindahan wisata, budaya, dan alamnya.

Diketahui bersama, pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia, memiliki pesona yang eksotis serta mengundang perhatian wisatawan. Begitu juga pulau-pulau kecil yang ada di Buton Selatan yang biasa disingkat Busel.

Buton Selatan mempunyai pesona alam yang sangat indah dan menarik saat di kunjungi. Mulai dari pantai, air terjun, pulau serta puncak yang sangat eksotis. Semuanya bisa kamu nikmati dengan suasana yang saling berbeda.

Jika kamu ingin mengunjungi Buton Selatan ini tiga tempat rekomendasi tempat wisata tak boleh dilewatkan.

 

Wisatawan di Tebing Labulengke. Foto: Ist.

 

1. Tebing Labulengke atau Kadatua

Pulau yang menghadap langsung ke kota Bau-Bau. Untuk sampai ke lokasi, melalui pelabuhan topa menyeberang ke Kadatua. Ketika sampai di Kalatua kamu disambut masyarakat Buton yang khas kehidupan pesisirnya.

Transportasi ke Pulau ini tidak begitu rumit, jika dari Pusat Kota Baubau, kamu bisa naik angkot di terminal Pasar Laelangi atau naik ojek atau becak motor (bentor) lalu menuju Pelabuhan Topa, setelah itu naik Kapal menuju pulau Kadatua, tarif ojek laut kalau reguler menunggu kapal penuh baru berangkat tarifnya Rp 5 ribu per orang.

Setiba di pulau Kalatua wisatawan disambut dengan pemandangan laut yang eksotis dan disebelah kanan dari pelabuhan bisa dilihat mestituar-mestituar dan di sana juga terdapat sebuah pantai berpasir putih nan indah.

Kebanyakan dari wisatawan memilih spot foto di Kadatua adalah Tebing Labulengke. Jarak dari pelabuhan ke tebing tersebut kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki dibanding dengan bersepeda motor dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 7 menit.

Nilai plus dari Tebing Labulengke ini mirip dengan tebing Apparalang yang berada di Bukukumba, Sulawesi Selatan. Selain itu, di depan tebing Labulengke kamu bisa melihat dari kejauhan pulau ular dan tempat ini sangat cocok yang mempunyai hobi camping.

 

Wisatawan di Pantai Bahari. Foto: Ist.

 

2. Pantai Bahari

Buton Selatan mewarisi keindahan alam yang luar biasa cantik. Salah satu kecantikannya terpancar pada destinasi wisata bernama Pantai Bahari, yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Tidak mengherankan bila kawasan wisata ini semakin dilirik wisatawan, sebab pesonanya sendiri bak Raja Ampat ke II.

Pantai Bahari, terletak di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan.

Pantai ini sangat mirip dengan Raja Ampat dan mempunyai julukan pantai tersembunyi setelah mulai terekspos dan wisatawan mulai banyak yang mengetahui miniatur Raja Ampat.

Ke tempat ini memerlukan waktu kurang lebih 2 jam lebih dari Kota Bau Bau. Untuk ke Pantai Bahari memiliki 2 jalur, pertama jalur Pasar Wajo atau dari arah Baubau.

Di dalam perjalanan kita dimanjakan dengan panorama alam khas Buton, laut, puncak, rumah rumah khas pesisir Buton dan masyarakat di sana sangat ramah dengan pendatang baru.

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat memanjakan mata akan pasir putih dan bersih. Pantai Bahari sangat cocok bagi wisatawan yang mempunyai hobi snorkeling. Ketika mengunjungi pantai ini tidak afdol jika tak berenang di pinggir pantainya

Baca juga: Danau Fotu, Destinasi Wisata yang Tak Pernah Sepi

 

Suasana Pantai La Poili. Foto: Ist.

 

3. Pantai La Poili

Pantai ini merupakan wisata baru yang berada di Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. Pantai ini sangat dekat dengan Pantai Bahari. Pantai ini sangat terjangkau dari arah Baubau. Pemandangan di sini tak kalah menarik.

Suasana syahdu ditambah angin sejuk dan suara pecahan ombak menambah kenikmatan tersendiri. Apalagi jika dikunjungi atau berlibur bersama keluarga atau kerabat dekat. Di sana kamu bisa mendapatkan pemandangan laut dan tempat lalu-lalang kapal-kapal, serta kita bisa melihat langsung perairan buton dan selat buton secara langsung.

Lokasinya yang berjarak kurang lebih 100 meter dari jalan raya membuat wisata pantai dan jembatan lingkar Lapoili terbilang aman dari kebisingan kendaraan.

Berbeda dengan sebelumnya, wisatawan bisa masuk tanpa membayar, kini wisatawan yang berkunjung ke jembatan lingkar Lapoili ini akan dikenakan tarif sesuai peraturan desa sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Itulah tiga tempat wisata yang berada di Buton Selatan yang layak dan rekomendasi bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana. Dengan mengunjungi tempat wisata di atas memiliki keindahan tersendiri.

Jangan lupa ketika mengunjungi kabupaten ini untuk mampir di pulau pulau kecil. Karna dibalik pulau pulau kecil terdapat pemandangan indah dan sangat memanjakan mata kamu. (C)

Reporter: Kasmirani

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga