Tim Bakal Calon DPD Ini Optimis Lolos Verifikasi Administrasi Tahap 2

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Tim Bakal Calon DPD Ini Optimis Lolos Verifikasi Administrasi Tahap 2
Bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara, Andi Junianto Barus (pakai pengikat kepala) beserta tim pemenangan ketika menyerahkan syarat dukungan di KPU. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" KPU Sumatera Utara masih memproses atau melakukan verifikasi administrasi atau ribuan foto copy KTP milik bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara "

MEDAN, TELISIK.ID - KPU Sumatera Utara masih memproses atau melakukan verifikasi administrasi atau ribuan foto copy KTP milik bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara.

Itu diungkap oleh Komisioner KPU Sumatera Utara, Divisi Partisipasi Hubungan Masyarakat (Parhumas), Benget Silitonga ketika dikonfirmasi awak media, di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Rabu (1/2/2023).

"Iya, kami masih melakukan verifikasi administrasi kepada bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang. Hasil verifikasi administrasi saat ini merupakan administrasi tahap 2, untuk yang dinyatakan belum memenuhi syarat saja," ungkapnya.

Baca Juga: Kata Ketua Timsel Soal Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara

Diakuinya, ada 17 bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara yang dilakukan revisi setelah dinyatakan belum memenuhi syarat melalui Silon KPU.

"Jadi, untuk verifikasi tahap dua ini ada 17 orang lagi. Hasil verifikasi administrasi tahap dua ini akan kami sampaikan sesuai jadwal direncanakan Sabtu 4 Februari 2024 mendatang," ungkapnya.

Jika dari 17 bakal calon itu ada yang tidak atau belum memenuhi syarat. Maka, akan dinyatakan gagal atau tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

"Pastinya, setelah tahapan verifikasi administrasi tahap dua diumumkan. Selanjutnya, pada 6 Februari 2023 akan dilakukan tahapan verifikasi faktual," terangnya.

Terpisah, tim penghubung bakal calon dari Andi Junianto Barus bernama Ridwan Saragih ketika dikonfirmasi awak media mengaku optimis dengan hasil yang baik.

"Kami sudah berjuang untuk menang, jadi kami optimis bahwa Bapak Andi Junianto Barus bisa memenuhi syarat atau lolos dalam tahapan verifikasi administrasi tahap dua ini dan bisa maju ke tahap selanjutnya yaitu verifikasi faktual," ungkapnya.

Baca Juga: Ali Mazi Siap Nyaleg, Pengamat: Persaingan Internal NasDem Sengit

Seluruh ketua tim di setiap daerah yang ada di kabupaten dan kota se-Sumatera Utara juga sudah siap untuk bertarung secara sehat, prosedur dan mengikuti aturan.

"Sejak tahapan revisi persyaratan dukungan foto copy KTP itu. Tim semakin solid dan yakin bahwa persyaratan dukungan yang kami miliki itu semuanya sudah memenuhi syarat. Sudah 4 ribu lebih," terangnya.

Sebagaimana diketahui, KPU Sumatera Utara telah melakukan verifikasi administrasi terhadap 27 bakal calon DPD RI Perwakilan Sumatera Utara. Namun, masih 9 yang memenuhi syarat dan sisanya dalam status belum memenuhi syarat. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga