adplus-dvertising

Tim FMIPA UHO Raih Juara I Tingkat Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
619 dilihat
Tim FMIPA UHO Raih Juara I Tingkat Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah
Tiga mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UHO raih juara 1 tingkat nasional dalam lomba karya tulis ilmiah. Foto: Ist.

" Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil meraih juara I di ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil meraih juara I di ajang lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

Mereka adalah Eliya Dwi Arini, Finkyasti Nur Adman dan Ridha Dwi Nurhanifah, ke tiganya merupakan mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA angkatan 2021.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lingkar Studi Ilmiah dan Penalaran (LSIP) UHO 2022 dengan mengangkat tema peran generasi muda dalam meningkatkan sumber daya lokal Indonesia sebagai upaya mendukung tercapainya SDGs di Era Society 5.0. Lomba diselenggarakan selama tiga hari, yakni 25-27 November 2022.


Baca Juga: Tiga Intervensi Dinkes Sulawesi Tenggara Penuhi Kebutuhan Gizi Remaja

Melalui karya tulis berjudul "Produktivitas Kedelai (Glycine Max) pada Lahan Kering Menggunakan Soil Conditioner Berbasis Hidrogel Kitosan-TiO2-ko-Poliakrilamida Crosslink Glutaraldehid", tim FMIPA UHO ini bersaing dengan tim-tim dari universitas se-Indonesia dan berhasil membawa gelar juara I.

Peserta juara, Eliya Dwi menyampaikan, tim tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari dosen  Dr Halimahtussaddiyah Ritonga, S.Si, M.Si.

Baca Juga: Permasalahan Sampah Masuk Pembahasan Rakor Forkopimda Kendari

Selain itu peserta lainnya, Finkyasti menjelaskan, dengan memanfaatkan limbah kulit udang di lahan kering bisa menghasilkan pertumbuhan kedelai yang bagus serta menambah hasil kedelai di Indonesia.

Dari limbah kulit udang melalui proses tertentu yang menghasilkan suatu produk, lalu produk tersebut dimanfaatkan untuk lahan kering sehingga kedelai tersebut tumbuh subur.

"Harapan ke depannya bisa mencoba lagi lomba-lomba berikutnya, semoga bisa terus menoreh prestasi tidak hanya di lomba karya tulis ilmiah," lanjut Ridha. (A)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga