Tim Milik Valentino Rossi dan Pertamina Enduro Perkuat Ducati, Mengaspal 2025

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 03 Agustus 2024
0 dilihat
Tim Milik Valentino Rossi dan Pertamina Enduro Perkuat Ducati, Mengaspal 2025
Tim Pertamina Enduro VR46 akan diperkuat oleh dua pembalap, yaitu Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi. Foto: Instagram @vr46racingteam

" Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP mulai 2025 mendatang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP mulai 2025 mendatang. Kedua belah pihak, baik tim asal Tavullia, Italia tersebut dengan Ducati, telah menandatangani kesepakatan ini.

Tiga tahun sejak debut dalam kelas utama, Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit utama Ducati mulai 2025, dengan kontrak multi-tahun. Tim milik Valentino Rossi ini menggantikan Pramac Racing yang sebelumnya bekerja sama dengan Ducati selama hampir dua dekade, dimulai pada 2005.

Saat ini, Pramac Racing memutuskan bergabung dengan Yamaha. Dengan kesepakatan multi-tahun ini, VR46 akan menerima motor resmi dan motor Ducati Desmosedici GP serta menikmati dukungan staf teknis baru dari Ducati, seperti dilansir dari jpnn.com, Sabtu (3/8/2024).

Keputusan Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk beralih menjadi tim satelit utama Ducati menandai langkah besar dalam sejarah balap motor Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi tim untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

Selain itu, kolaborasi ini juga membuka peluang baru bagi pembalap muda Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka di panggung internasional. Pada MotoGP 2024, tim Pertamina Enduro VR46 akan diperkuat oleh dua pembalap, yaitu Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Ini Fakta Menarik Gregoria Lolos Perempat Final

Keduanya merupakan duo yang unggul sejak debut mereka pada 2022, yang makin solid dengan tiga kemenangan pada 2023 dan kontribusi penting sebagai tim dalam perolehan poin untuk memenangkan Constructors Championship di tahun yang sama. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa tim memiliki potensi besar untuk meraih hasil yang lebih baik di masa depan.

Dengan VR46 MotoGP Team berkolaborasi dengan Pertamina Enduro sebagai sponsor utama mulai MotoGP 2024, maka terbuka pula peluang pembalap Indonesia menuju pentas dunia di ajang balap motor internasional.

Keputusan Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama VR46 Racing Team selama tiga musim mulai MotoGP 2024 menjadi salah satu keputusan penting dalam sejarah balap motor Indonesia. Mulai musim depan tim milik Valentino Rossi itu akan bernama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Langkah ini setidaknya memiliki dua keuntungan. Secara bisnis, produk Indonesia, Pertamina Enduro, dipastikan akan mendunia. Meski sudah pensiun, Valentino Rossi hingga kini masih menjadi magnet penggemar balap motor, bukan hanya di ajang MotoGP.

Selain itu, prestasi VR46 juga meningkat secara signifikan di MotoGP. Musim 2023, VR46 sukses meraih tujuh finis podium, termasuk tiga kemenangan lewat Marco Bezzecchi. Artinya, tim VR46 akan terus mendapat sorotan ke depannya.

Keuntungan kedua adalah kolaborasi Pertamina Enduro bersama VR46 bisa menjadi jembatan penting bagi masa depan pembalap muda Indonesia. Impian terbesar pecinta balap motor di tanah air adalah melihat pembalap Indonesia bisa berlaga di MotoGP.

Dengan Pertamina Enduro menjadi sponsor utama tim VR46 MotoGP, impian itu sepertinya bisa terwujud. VR46 memiliki akademi pembalap yang diakui dunia, bersumber dari cnnindonesia.com.

Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi adalah bukti nyata kehebatan VR46 Academy dalam memproduksi pembalap muda berbakat. Mempromosikan pembalap muda untuk meraih prestasi kelas dunia adalah salah satu visi dan misi VR46 Academy.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kalendar Formula E 2025, Dimulai di Sao Paulo hingga Jakarta jadi Tuan Rumah

Bukan hanya tampil di MotoGP, pembalap jebolan VR46 Academy juga mampu berprestasi. Bagnaia merupakan juara dunia dua kali di MotoGP, sementara Bezzecchi dan Morbidelli pernah merasakan podium pertama MotoGP.

Indonesia tidak kekurangan pembalap berbakat. Salah satu pembalap muda Indonesia yang paling mencolok prestasinya adalah Veda Ega Pratama. Pembalap 15 tahun itu baru saja menjadi juara Asia Talent Cup (ATC) 2023.

Masa depan Veda Ega bisa lebih cerah dengan Pertamina Enduro sebagai sponsor tim VR46 MotoGP. Sejalan dengan impian pecinta balap motor di Indonesia, Pertamina Lubricants memiliki rencana untuk mendidik pembalap Indonesia di VR46 Academy.

Dalam kerja sama dengan VR46 Racing Team, ada VR46 Racing Academy yang mulai 2025 akan diaktifkan untuk akademinya. Diharapkan  bisa membawa putra-putra terbaik dari Indonesia untuk bisa berada di sana. Nantinya, mereka akan dibawa ke Italia untuk dididik di akademi, sehingga suatu saat nanti bisa masuk ke ajang MotoGP. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga