adplus-dvertising

Tim Penilai Akhir Cek Riwayat dan Rekam Jejak Calon Pj Wali Kota Kendari, Dipimpin Presiden Jokowi

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
1134 dilihat
Tim Penilai Akhir Cek Riwayat dan Rekam Jejak Calon Pj Wali Kota Kendari, Dipimpin Presiden Jokowi
Presiden Jokowi akan memimpin sidang tim penilai akhir penentuan Pj Wali Kota Kendari. Foto: Repro Kumparan.com

" Dalam sidang TPA yang terdiri dari enam lembaga (termasuk KPK) dan dipimpin oleh Presiden Jokowi, para kandidat Pj wali kota akan dicek riwayat dan rekam jejaknya "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa Pj Wali Kota Kendari masih ditunggu. Pj Wali Kota Kendari akan dipilih dalam sidang Tim Penilai Akhir atau TPA yang langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Terdapat sembilan calon Pj Wali Kota Kendari yang diusulkan masing-masing tiga orang oleh DPRD Kota Kendari, Pemrov Sultra dan Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi mengatakan, sebelum dibawa ke sidang TPA, calon Pj yang ada dikerucutkan menjadi tiga nama.


Dalam sidang TPA yang terdiri dari enam lembaga (termasuk KPK) dan dipimpin oleh Presiden Jokowi, para kandidat akan dicek riwayat dan rekam jejaknya.

"Jadi semua akan dilihat oleh enam lembaga, apakah dia (calon Pj) terlibat organisasi-organisasi terlarang atau apakah dia pernah tersandung kasus hukum itu dianalisis semua," ucap Muliadi, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Di Hadapan Pendemo, Kapolresta Kendari Janji Siap Dicopot Jika Ada Represif

Pj Wali Kota Kendari yang nantinya dipilih akan menggantikan Sulkarnain Kadir yang masa jabatannya sebagai Wali Kota Kendari berakhir 9 Oktober 2022.

Pj wali kota akan menjabat hingga 2024 atau terpilihnya Wali Kota Kendari definitif melalui Pilkada Kota Kendari 2024.

Sulkarnain berharap agar seluruh pihak mendukung siapapun sosok Pj wali kota yang ditunjuk Kemendagri.

"Tidak ada waktu lagi kita untuk kontroversi habiskan energi karena energi kita terbatas. Situasi saat ini membutuhkan persatuan dan kesatuan jadi harus kompak," ucapnya.

Diketahui, calon Pj Wali Kota Kendari usulan DPRD yaitu mantan Sekda Kota Kendari Nahwa Umar, Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Nadirah Seha Nur dan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri Asmawa Tosepu.

Sementara Pemprov Sultra enggan membocorkan ke publik siapa sosok calon Pj wali kota yang diusulkan.

Baca Juga: DLH jadi Jembatan CSR PLTU untuk SMPN 13 Kendari

Kendati begitu, sebelumnya telah beredar nama-nama calon Pj Wali Kota Kendari usulan DPRD Kota Kendari, Pemprov Sultra dan Kemendagri.

Pemprov mengusulkan Kepala Biro Kesra Setda Yusmin, Kepala Dinas Kominfo Ridwan Badallah, serta Kepala Biro Umum Kemendagri, Asmawa Tosepu.

Sementara usulan Kemendagri sama seperti yang diusulkan DPRD Kota Kendari. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga