Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Nelayan Buton Selatan Hilang di Perairan Batuatas

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Nelayan Buton Selatan Hilang di Perairan Batuatas
Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian nelayan yang hilang di perairan Pulau Batuatas. Foto: Ist.

" Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian nelayan asal Buton Selatan bernama La Rifan, yang hilang di sekitar perairan Pulau Batuatas "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian nelayan yang hilang di sekitar perairan Pulau Batuatas, La Rifan dari Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian ini Resource Pos SAR Baubau, BPBD Buton Selatan, nelayan setempat dan keluarga korban. Luas area pencarian sekitar 32 NM², dan cuaca yang cukup cerah disinyalir akan memudahkan pencarian korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kota Kendari, Muhamad Arafah mengatakan, pihaknya mengetahui peristiwa tersebut pada hari Minggu (17/9/2023) pukul 19.00 Wita. Comm Center KPP Kendari menerima informasi dari TRC BPBD Buton Selatan, Yono, yang melaporkan seorang nelayan dari Buton Selatan belum kembali dari melaut dengan menggunakan longboat di sekitaran Pulau Batuatas.

"Pada pukul 00.00 Wita, Tim Resource Pos SAR Baubau tiba di LKP, dan berkoordinasi dengan keluarga. Pada pukul 06.30 hari ini, Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian," jelas Arafar dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Tak Kunjung Ditemukan, Tim SAR Stop Pencarian Nelayan

Kronologinya bermula pada hari Sabtu (16/9/2023) pukul 03.00 Wita, korban pergi melaut menggunakan longboat dari pelabuhan rakyat Desa Tira, Buton Selatan, menuju rumpon kurang lebih 20 NM (sebelum Pulau Batu atas) dimana kebiasaan korban kembali dari melaut sore keesokan harinya.

Telah dilakukan pencarian oleh pihak keluarga dengan menggunakan 3 buah longboat, namun hingga informasi ini diterima, korban belum ditemukan.

Baca Juga: Pilot Drone Bantu Tim SAR Temukan Anak Tenggelam di Teluk Kendari

Keluarga korban berharap segera ditemukan dalam keadaan selamat. dan berupaya menyebarkan berita ini di sosial media terutama akun Facebook.

"Semoga ditemukan dalam keadaan selamat. Sekrang cuaca tidak menentu jangan sampai ia mengalami mati mesin dan longboatnya terbawa arus," ungkap salah satu anggota kerluarga, wa Ode Aulia. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga