Tim Surveilans Telusuri Orang yang Kontak Erat dengan H. Bariuddin

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 23 Agustus 2020
0 dilihat
Tim Surveilans Telusuri Orang yang Kontak Erat dengan H. Bariuddin
H Bariuddin, yang diketahui meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Foto: Repro Facebook

" Yang nanti akan diperiksa oleh tim ini adalah seluruh kerabat dan semua orang yang pernah kontak erat dengan almarhum. "

BUTON, TELISIK.ID - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, telah membentuk tim surveilans dalam rangka penelusuran dan pemeriksaan terhadap orang yang kontak erat dengan almarhum H. Bariuddin.

Surveilans adalah pengamatan secara terus menerus dan sistematik melalui pengumpulan, analisa, interpretasi dan diseminasi penyampaian informasi status kesehatan, ancaman lingkungan atau faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Kegiatan surveilans sangat penting untuk mendeteksi dini, mengetahui yang mengalami gejala, tindak lanjutnya, sehingga dapat diketahui yang berisiko tertular, pencegahan penularan, memutus rantai penularan, serta ketepatan dalam upaya penanggulangan.

Baca juga: Lawan Budaya Barat, Jaker Berdiri di Konawe

Tim surveilans inilah yang kemudian akan melakukan penelusuran serta pemeriksaan kepada seluruh orang yang pernah kontak erat dengan H Bariuddin, yang diketahui meninggal dunia karena terpapar COVID-19.

Seperti di ketahui, Anggota DPRD Buton Fraksi PAN ini meninggal di RSU Bahteramas, pada Jumat pagi (21/8/2020) pukul 07.00, karena terinfeksi COVID-19.

"Yang nanti akan diperiksa oleh tim ini adalah seluruh kerabat dan semua orang yang pernah kontak erat dengan almarhum," ungkap dr. Hayun, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Buton, Minggu (23/8/2020).

Sebelum akhirnya meninggal dunia karena terpapar COVID-19, Bariuddin bersama 24 anggota dan Sekretaris DPRD Buton berada di Kota Kendari karena urusan kedinasan.

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga