Tim Telisik.id Lakukan Pertemuan dengan Kepala Kantor Bahasa Sultra

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
Tim Telisik.id Lakukan Pertemuan dengan Kepala Kantor Bahasa Sultra
Tim Telisik.id saat berbincang dengan Kepala Kantor Bahasa Sultra, Dr. Herawati, S.S., M.A. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Mungkin belum mengenal aturan-aturan (bahasa) secara pasti seperti apa, seperti ejaan, diksi, kata baku dan kata yang tidak baku. Maka perlu upaya dari teman-teman media untuk lebih mengetahui, agar terus menambah informasi terkait bahasa yang benar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim media online Telisik.id melakukan kunjungan di Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (4/11/2020).

Kunjungan tersebut langsung diterima oleh Kepala Kantor Bahasa Sultra, Dr Herawati yang didampingi Peneliti Kantor Bahasa, Firman A.D.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud membangun sinergi bagi media daring, untuk terus mengembangkan tata bahasa yang baik dan sesuai.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Dr Herawati menjelaskan, penggunaan bahasa pada media massa seperti daring, yang sudah diterapkan sudah sesuai. Namun masih ada juga bahasa yang tidak sesuai.

"Kalau saya melihat di Sultra ini sudah cukup bagus. Ini artinya, bahwa sudah ada upaya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tapi, masih ada ketidaktepatan penggunaannya, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhinya," ungkapnya.

Menurut Herawati, ketidaktepatan penggunaan bahasa, bisa saja dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya, masih belum mengetahui kaidah bahasa yang seharusnya ketika masuk ke ragam tulis seperti apa dan sebagainya.

Baca juga: Arta Graha Tak Ingin Dibedakan dengan Pemilik Lahan Lain di Teluk Kendari

"Mungkin belum mengenal aturan-aturan (bahasa) secara pasti seperti apa, seperti ejaan, diksi, kata baku dan kata yang tidak baku. Maka perlu upaya dari teman-teman media untuk lebih mengetahui, agar terus menambah informasi terkait bahasa yang benar," ucap Herawati.

Sehingga Herawati berharap dalam mengelola media daring dalam memberikan informasi, sebisa mungkin menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.

"Karena media daring saat ini menjadi salahsatu media informasi publik yang paling mudah di akses. Di era kecanggihan teknologi informasi, sehingga media daring mudah dari media cetak saat ini, sehingga penggunaan bahasa yang benar akan mewakili penulisnya," ujarnya.

Di sisi lain Kantor Bahasa Sultra mengapresiasi atas inisiatif tim media online Telisik.id untuk bersilaturahmi.

Dimana, untuk membangun sinergi dibutuhkan langkah yang terus membangun dan mengembangkan informasi, terkait penggunaan bahasa terutama dari segi pemberitaan. (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga