Timnas Indonesia Perbesar Peluang ke Piala Asia U-20 di China Usai Bantai Timor Leste

Merdiyanto , telisik indonesia
Jumat, 27 September 2024
0 dilihat
Timnas Indonesia Perbesar Peluang ke Piala Asia U-20 di China Usai Bantai Timor Leste
Jens Raven berselebrasi usai cetak gol ke gawang Timor Leste pada Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam. Foto: Repro Antara

" Timnas Indonesia U-20 menang telak 3-1 atas Timor Leste U-20 pada laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F yang berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam pukul 19.30 WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-20 menang telak 3-1 atas Timor Leste U-20 pada laga kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F yang berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam pukul 19.30 WIB.

Meski mendominasi jalannya pertandingan, Timnas Indonesia U-20 tetap harus mewaspadai serangan balik cepat dari Timor Leste yang cukup merepotkan.

Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan 3-1 melalui gol yang dibuat oleh Jens Raven pada menit ke-14, Riski Afrisal (16') dan Muhammad Ragil (78').

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-20 makin kokoh di puncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan perolehan enam poin dan selisih gol yang mengesankan.

Hasil ini juga memperbesar peluang Timnas Indonesia U-20 untuk lolos langsung ke Piala Asia U-20 yang dijadwalkan diselenggarakan di China tahun depan.

Jika Indonesia mampu minimal bermain imbang melawan Yaman di pertandingan terakhir pada Minggu (29/9/2024), dipastikan tim Indra Sjafri melenggang ke China.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Indra Sjafri Rotasi Pemain saat Timnas Indonesia Bentrok Timor Leste

Pertandingan terakhir melawan Yaman merupakan partai yang sangat penting karena kedua tim mengoleksi poin yang sama 6. Perbedaannya, Indonesia unggul selisih gol +6 berbanding +5 dari Yaman.

Jalannya pertandingan

Walaupun Timor Leste berusaha tampil agresif sejak menit pertama, Timnas Indonesia U-20 dengan Dony Tri Pamungkas sebagai ujung tombak terus berupaya mendominasi jalannya pertandingan.

Melihat Indonesia yang belum menemukan ritme permainan, Timor Leste langsung mengambil inisiatif dengan serangan-serangan cepat.

Pada menit ke-5 Jens Raven tampil mencolok dengan aksi individunya yang mengancam kotak penalti Timor Leste. Sayangnya, belum ada gol yang tercipta, hanya menghasilkan sepak pojok.

Timor Leste memberikan perlawanan sengit selama 10 menit pertama, memaksa Timnas Indonesia U-20 bekerja ekstra keras untuk mencari celah.

Menit ke-14, Jens Raven berhasil mencetak gol dan membawa Timnas Indonesia U-20 unggul dengan skor 1-0.

Tidak butuh lama Timnas Indonesia mengandalkan keunggulan menjadi 2-0 menit ke-16 berkat gol Riski Afrisal yang memanfaatkan assist Toni Firmansyah.

Toni melakukan sprint, lalu melepas umpan tarik ke dalam kotak penalti. Umpan tersebut dituntaskan dengan baik oleh Riski.

Walaupun sempat mendapat perlawanan sengit dari Timor Leste di awal pertandingan, Timnas Indonesia U-20 berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol cepat, sehingga menjaga semangat juang tim.

Akselerasi cepat Toni Firmansyah berhasil membawanya menembus kotak penalti. Sayangnya, pergerakannya dihentikan lawan dengan cara yang tidak bersih sehingga ia terjatuh. Keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti cukup mengecewakan.

Setelah kebobolan dua gol cepat, Timor Leste yang awalnya tertekan mencoba membalas dan memberikan tekanan kepada pertahanan Indonesia.

Pertandingan berjalan sangat intens dengan kedua tim saling menyerang. Baik Timnas Indonesia U-20 maupun Timor Leste terus berusaha untuk mencetak gol dan menambah keunggulan.

Timor Leste hampir mencetak gol pada menit ke-33 melalui sepakan Luis Figo. Sayangnya, bola masih melebar dari sasaran.

Menit ke-39 Arlyansyah Abdulmanan berusaha menembus kotak penalti namun terjatuh setelah berduel dengan pemain Timor Leste. Meski tampak ada kontak yang cukup keras, wasit memutuskan untuk tidak memberikan hadiah penalti.

Meski dominan menguasai pertandingan dengan serangan-serangan berbahaya melalui Toni Firmansyah, Arlyansah, Jens Raven, dan Riski Afrisal, Timnas Indonesia U-20 gagal mencetak gol.

Berkat gol Jens Raven dan Riski Afrisal, Timnas Indonesia U-20 untuk sementara unggul 2-0. Namun, pertandingan masih panjang dan 45 menit kedua akan menjadi penentu bagi Indonesia untuk mengamankan tiket ke Piala Asia U-20 2025.

Babak kedua tidak kalah sengit dari babak pertama. Baik Indonesia maupun Timor Leste terus saling menekan.

Upaya Indonesia untuk menambah keunggulan melalui sepakan Alfarhezzie dan Jens Raven belum membuahkan hasil. Namun, permainan menyerang yang terus diperagakan menunjukkan bahwa Indonesia masih berambisi untuk mencetak gol tambahan.

Upaya Indonesia untuk menambah keunggulan melalui sepakan Jens Raven digagalkan oleh bek Timor Leste. Bola hasil benturan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Selama sepuluh menit terakhir, Timnas Indonesia U-20 terus berupaya keras mencetak gol tambahan melalui berbagai cara, baik dari serangan terbuka maupun bola mati.

Sayangnya, semua usaha itu belum membuahkan hasil, termasuk sepakan lemah M. Ragil yang masih menyamping dari gawang.

Menit ke-66 Timor Leste berhasil mencetak gol setelah Luis Figo melakukan solo run dari tengah lapangan, melewati beberapa pemain Timnas, dan kemudian melepaskan tembakan akurat di dalam kotak penalti.

Timor Leste kembali memberikan ancaman serius ke gawang Indonesia pada menit ke-71. Sayangnya, sepakan Alexandro Bahkito masih menyamping dari sasaran.

Timnas Indonesia U-20 terus berupaya keras menambah keunggulan. Serangan demi serangan dilancarkan, namun pertahanan Timor Leste masih cukup solid untuk menghalau.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Pada menit ke-79 berawal dari kerja sama apik antara Jens Raven, Dony Tri Pamungkas, dan Muhammad Ragil berbuah gol. Umpan kunci dari Jens Raven kepada Dony, kemudian diselesaikan dengan dingin oleh Ragil menjadi gol.

Menit ke-89, Marselinus Ama Ola masuk menggantikan Jens Raven. Kecepatannya diharapkan mampu memberikan perubahan signifikan di sisa waktu pertandingan.

Indonesia kembali gagal memanfaatkan peluang emas dari sepak pojok. Sundulan Ananda Maouri dan tembakan Kadek Arel masih belum menemui sasaran.

Hingga peluit panjang berakhir tidak ada gol tambahan. Timnas Indonesia U-20 Indonesia menang telak 3-1 atas Timor Leste.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-20: Ikram Al Giffari; Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, Meshaal Hamzah; Dony Tri Pamungkas, Toni Firmansyah (Maouri Ananda, 46'), Aditya Warman (Fandi Bagus, 81'), Alfahrezi Buffon; Arlyansyah Abdulmanan (Figo Dennis, 46'), Jens Raven, M Riski Afrisal (Muhamad Ragil, 46').

Timor Leste U-20: Pablo Macario; Joaozinho Cristiano Amaral, Ricardo Rorinho Bianco, Aureo Viera Costa, Palomito Antonio, Luis Berdila Da Silva, Luis Figo Ribeiro, Marques De Carvalho, Alexandro Bahkito, Emidio Martins Braz, Leonio Quilton. (B)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga