Timnas Indonesia Takluk 2-0 dari Irak, Jordi Amat Diusir Wasit

Merdiyanto , telisik indonesia
Kamis, 06 Juni 2024
0 dilihat
Timnas Indonesia Takluk 2-0 dari Irak, Jordi Amat Diusir Wasit
Timnas Indonesia harus takluk 2-0 dari Irak dalam lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Foto: Repro Cnnindonesi.com

" Timnas Indonesia takluk 2-0 dari Irak pada lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (6/6/2024) sore "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia takluk 2-0 dari Irak pada lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (6/6/2024) sore.

Dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak setelah dipaksa bermain dengan 10 pemain usai Jordi Amat mendapat kartu merah. Dua gol Irak tercipta setelah Garuda muda bermain 10 pemain.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong ini masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya. Syaratnya Garuda muda harus mengalahkan Filipina di laga terakhir Grup F yang berlangsung pada 11 Juni mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama pertandingan terbilang sangat sengit. Timnas Indonesia yang menjadi tuan rumah mengambil inisiatif untuk menyerang melalui sisi sayap. Namun usaha itu bisa di bendung pemain bertahan Irak.

Baca Juga: Calvin Verdonk Resmi jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia Bentrok Filipina

Dikutip dari Cnnindonesia.com, masuk menit ke-16 Irak berhasil mencetak gol, namun gol yang dilesakkan Ibrahim Bayesh melalui sundulan kepalanya itu dianulir wasit, karena duluan melanggar Thom Haye.

Masuk menit ke-20, Rafael Struick menunjukkan skill individualnya dengan melewati beberapa pemain Irak hingga merangsek ke kotak penalti lawan menimbulkan ancaman. Namun, aksinya itu bisa dikonter bek Irak.

Pada menit ke-34 Garuda muda mendapatkan peluang lewat Rafael Struick  dengan mengirimkan umpan kepada Sandy Walsh. Sayangnya tendangan Sandy Walsh masih bisa dihalau kiper Irak.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama Timnas Indonesia kembali mengancam gawang Irak. Namun, sayang umpan matang Shayne Pattynama kepada Marselino di depan gawang bisa gagalkan bek Irak.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir skor tidak ada gol tercipta. Indonesia vs Irak berakhir imbang 0-0 di babak pertama.

Di awal babak kedua Irak mendapatkan hadiah penalti setelah umpan silang Ali Jassim menyentuh tangan Justin Hubner di area terlarang Timnas Indonesia.

Sang eksekutor Irak, Aymen Hussein sukses membobol gawang Ernando Ari. Aymen Hussein mengecoh Ernando dengan menendang bola ke arah kanan, namun bola bisa terbaca tapi tak terjangkau. Irak unggul 1-0 atas Indonesia.

Menit ke-59, kapten Timnas Indonesia, Jordi Amat, mendapat kartu merah setelah melanggar pemain Irak Youssef Wali Amyn di luar kotak penalti Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Ukraina di Turnamen Toulon Cup 2024

Memasuki menit ke-72, Irak kembali mendapatkan hadiah penalti setelah Ernando Ari melanggar Ali Jasim di kotak terlarang. Wasit Shaun Evans langsung menunjuk titik putih. Beruntungnya, kali ini tendangan Aymen Hussein melambung tinggi di atas gawang.

Di menit ke-78 umpan jarak jauh Ernando Ari dari gawang berhasil mengarah tepat kepada Ragnar Oratmangon. Ragnar menunjukkan skillnya dengan melawan dua bek Irak. Namun salah satu bek menyentuh bola saat Ragnar mencoba melakukan tendangan. Ragnar berhasil melakukan tendangan dan mengarah ke arah gawang Irak, tapi bisa ditepis kiper hingga menghasilkan sepak pojok.

Pada menit ke-88, kiper Timnas Indonesia Ernando Ari melakukan blunder fatal saat berusaha menggocek penyerang Irak Mohanad Ali Kadhim. Namun bola mengarah ke Ali Jasim. Ali Jasim langsung menendang bola ke gawang Indonesia yang tanpa ada pengawalan. Irak 2, Indonesia 0.

Hingga peluit babak kedua ditiup skor tidak berubah. Indonesia kalah 0-2 dari Irak. Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Filipina pada pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di SGBK pada Selasa (11/62024) mendatang. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga