adplus-dvertising

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF Jadi Hadiah HUT ke-77 RI

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 13 Agustus 2022
416 dilihat
Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF Jadi Hadiah HUT ke-77 RI
Skuad Timnas Indonesia U-16 saat merayakan kemenangan. Kemanangan ini menjadi kado spesial buat HUT ke-77 RI. Foto: Repro Instagram @pssi

" Kemenangan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 sangat membanggakan dan menjadi hadiah HUT ke-77 Republik Indonesia "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF mendapat pujian dari berbagai pihak, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Zainudin mengaku turut merasakan euforia juara Garuda Asia karena menyaksikan langsung laga tersebut di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Ia bangga dan bersyukur dengan prestasi yang ditorehkan M Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan setelah menaklukkan Vietnam 1-0 dalam laga final Piala AFF U-16 2022.


"Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan," ungkapnya, dikutip dari jpnn.com, Jumat (12/8/2022) malam.

Menurut Amali, tim yang dilatih oleh Bima Sakti ini dinilai bisa menjadi kesebelasan yang makin bagus dan kuat. Syaratnya yakni pembinaan mereka dikawal betul oleh para stakeholder sepak bola.

Baca Juga: Hajar Vietnam 1-0, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

"Indonesia punya harapan ke depan dengan tim juara ini," ucapnya.

Pria 60 tahun tersebut memahami bahwa pemain-pemain yang dalam usia muda memang masih labil. Olehnya itu, ia menilai perlu dilakukan pendampingan.

Dengan prestasi yang ditorehkan pelatih Bima Sakti, dia memberikan apresiasi karena telah bekerja keras membangun tim yang baik serta meramu strategi yang membuat Timnas U-16 Indonesia kuat.

"Saya sangat mengapresiasi Bima Sakti dan kawan-kawan, juga terima kasih kepada anak-anak timnas yang telah membanggakan bangsa. Ini hadiah HUT ke-77 RI. Selamat," tandas Menpora. 

Baca Juga: Bantai Myanmar 3-0, Thailand Rebut Peringkat Tiga di Piala AFF U-16 2022

Berkat kemenangan ini seperti dikutip dari Bola.net, Timnas Indonesia U-16 berhasil mengoleksi dua trofi Piala AFF U-16 semenjak turnamen ini digulirkan pada tahun 2002 silam.

Timnas Indonesia U-16 sebelumnya menjadi juara di tahun 2018 silam. Pada saat itu Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di partai final yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada saat itu, Indonesia ditahan imbang 1-1 di babak normal, namun berhasil menang dengan skor 4-3 di babak adu penalti. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga