Tinggal Menghitung Hari, Saksikan Kemeriahan Festival Wakatobi Wive 2021

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
0 dilihat
Tinggal Menghitung Hari, Saksikan Kemeriahan Festival Wakatobi Wive 2021
Budaya Kansoda'a di Pembukaan Wakatobi Wave 2018. Foto: Repro Travelingyuk.com

" Kabupaten Wakatobi melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, mempersembahkan Festival Wakatobi Wave Wonderful Festival and Expo (Wave) 2021 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, mempersembahkan Festival Wakatobi Wave Wonderful Festival and Expo (Wave) 2021.

Festival ini merupakan peringatan HUT Wakatobi ke 18. Rencananya, akan digelar di Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangi-Wangi, pada 4-6 Desember 2021.

Wakatobi Wave merupakan acara akbar tahunan yang diadakan di Wangi Wangi setiap bulan November. Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih pandemi COVID-19 sehingga acara ini ditunda hingga awal Desember.

“Festival Wakatobi Wave tahun 2020 kemarin sempat tertunda akibat COVID-19, sehingga pelaksanaan tahun ini bakal digelar secara hybrid atau digelar secara offline maupun online,” kata Nadar, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Wakatobi.

Ia juga menerangkan, walaupun sempat tidak dilaksanakan pada tahun 2020, namun dirinya berharap festival ini dapat mendorong kebangkitan pariwisata Wakatobi.

“Wakatobi Wave 2021 pernah absen karena Pandemi. Hal ini merupakan upaya pemerintah kabupaten Wakatobi untuk membangkitkan semangat para pelaku usaha pariwisata. Mengenalkan budaya melalui kemasan konten event yang ada di Wakatobi wave,” tambahnya.

Baca Juga:  Yuk, Intip Keindahan Danau Tailaro Nto' Oge di Pulau Kapota

Sementara itu, Kepala Seksi Pemasaran Dinas Pariwisata Wakatobi, Komar menyebutkan, pada Festival Wakatobi Wave yang akan digelar mulai 4 Desember 2021 merupakan pra event. Terdapat beragam pertunjukan yang siap memanjakan pengunjung untuk menikmati sembari merasakan pengalaman yang kental akan khazanah budaya Wakatobi.

“Dalam event tersebut dimeriahkan dengan kegiatan Expo UMKM dan ekonomi kreatif, pegelaran seni dan budaya ke empat pulau yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, pertunjukan Tari Kolosal, Kemilau Konservasi Maritim, Talkshow Ekonomi Kreatif Wakatobi," katanya.

Baca Juga: Kawasan Kotamara, Objek Wisata Favorit Warga Baubau

Kemudian, Jambore Bikers, Parade 1000 Perahu, Pegelaran Seni dan Budaya, Fashion Show Kreasi Tenun Wakatobi, Festival Kuliner Maritim, Lomba Konten Kreatif dan lomba kuliner olahan ikan, serta pada acara puncak akan ditutup dengan penampilan Maestro Gambus, Seniman Lokal dan Stand Up Comedy.

Untuk diketahui, pelaksanaan Wakatobi Wave Festival yang telah masuk kalender Event pariwisata di Indonesia (CoE) telah berjalan 7 kali yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Wakatobi. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga