Tingginya Antusias Peserta dan Penonton Lomba Tari Lulo Kreasi Antar Pelajar SMA se-Sulawesi Tenggara

Siti Nabila, telisik indonesia
Kamis, 05 September 2024
0 dilihat
Tingginya Antusias Peserta dan Penonton Lomba Tari Lulo Kreasi Antar Pelajar SMA se-Sulawesi Tenggara
Penonton memadati Gedung Kesenian Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra untuk menyaksikan lomba tari lulo kreasi. Foto: Nabila/Telisik

" Lomba Tari Lulo Kreasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra, berlangsung meriah "

KENDARI, TELISIK.ID - Lomba Tari Lulo Kreasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra, berlangsung meriah.

Lomba ini diikuti 26 sekolah dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara, di antaranya Kota Kendari, Kolaka Timur, Muna, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kolaka.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, terlihat antusiasme luar biasa dari para peserta. Acara ini menampilkan para penari dari berbagai daerah yang berlomba menunjukkan kreativitas dan keahlian mereka dalam tari lulo, sebuah tarian tradisional yang dikombinasikan dengan elemen modern.

Peserta dari berbagai sekolah di Sultra tampil memukau dengan penampilan yang penuh warna. Beragam gerakan kreatif dan kostum yang mencolok menambah kemeriahan acara, menjadikannya salah satu perayaan seni yang paling dinantikan tiap tahunnya.

Termasuk bagi Weni Putri Yuli Setiawati, peserta dari SMA 3 Konawe Selatan. Ia mengaku lomba ini merupakan kali pertama bagi dia. Selain itu, dirinya mengaku senang dan bangga dapat mewakili sekolah serta daerahnya dalam ajang perlombaan ini.

Baca Juga: UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra Lestarikan Budaya Lewat Pagelaran Seni

“Ini adalah pengalaman pertama kami mengikuti lomba tari, dan kami sangat senang bisa mewakili sekolah kami. Kami telah berlatih hampir satu bulan di sanggar sekolah,” ujar Weni.

Sementara Aprilia, peserta lain mengatakan, selama persiapan lomba cukup menguras tenaga dan waktu sehingga kerap tantangan datang menghampiri.

“Latihan kami ada tantangannya, seperti mempelajari gerakan tari yang rumit dan menjaga kekompakan tim. Namun, semangat kami tetap tinggi dan kami berharap bisa memberikan penampilan yang terbaik dan membawa pulang piala,” jawabnya senang.

Baca Juga: Dikbud Sultra Sukses Gelar Kompetisi Tari Lulo Kreasi 2024, Ini Daftar Juaranya

Tidak kalah dari peserta, antusias dari penonton juga sangat dirasakan melalui sorakan dan tepuk tangan, menambah keseruan lomba ini.

"Ini acara yang sangat luar biasa, tidak sia-sia datang ke Kendari menonton," ujar Juwita salah seorang  pengunjung asal Konawe Selatan.

Lomba Tari Lulo Kreasi antar pelajar SMA sederajat se-Provinsi Sulawesi Tenggara ini akan berlangsung selama tiga hari sejak 5 hingga 7 September di Gedung Kesenian Taman Budaya dan Museum Sultra di Kendari. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga