Tingkatkan Daya Saing, Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Latih Pelaku Usaha

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Tingkatkan Daya Saing, Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Latih Pelaku Usaha
Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sultra, La Isnain Lakimi. Foto: Ist

" Dinas Koperasi dan UMKM Sultra menggelar pelatihan peningkatan kapasitas usaha kecil dan menengah (UKM) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sultra terus meningkatkan kemampuan para pelaku usaha demi memajukan daya saing.

Instansi yang dipimpin Boy Ihwansyah ini pun menggelar pelatihan peningkatan kapasitas usaha kecil dan menengah (UKM) di salah satu hotel, Kota Kendari, pada Selasa (2/11/2021).

Pelatihan ini mengusung tema Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Koperasi. Pelatihan untuk angkatan III itu diikuti 40 pelaku UMKM yang tergabung dalam koperasi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, La Isnain Lakimi mengatakan, pelatihan ini untuk menguatkan pelaku koperasi baik dari sisi manajerial dan lain sebagainya.

Hasil evaluasi dari 4 angkatan banyak mengeluhkan masalah cara mengatur koperasi dan laporan keuangan serta tentang masalah penguatan modal koperasi dan UMKM.

Dalam penguatan modal kata La Isnain, menjadi tantangan terbesar. Dalam artian, koperasi para pelaku usaha itu sudah beberapa unit usaha yang ingin dikembangkan, namun persoalannya adalah masalah permodalan.

Baca Juga: Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Bentuk Pendamping KUR

"Maka kita di koperasi ada pendamping KUR (kredit usaha rakyat) yang bisa memfasilitasi. Kita akan dorong ke situ, terutama yang di Kota Kendari dulu sini," ujar La Isnain di sela-sela pelatihan.

Pendamping KUR yang akan memfasilitasi para pelaku UMKM ke bank-bank yang ditunjuk oleh kementerian. Para pendamping KUR ini sudah melakukan tugasnya sekitar 3 bulan dengan hasil yang efektif.

Baca Juga: Menko Luhut Diagendakan ke Sultra, Hadiri Pelantikan PERKHAPPI

Isnain berharap, setelah kegiatan pelatihan itu ada nilai tambah terutama dari sisi ilmu manajemen, laporan keuangan dan informasi penguatan modal yang dipahami oleh para pelaku UMKM. (C-Adv)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga