Tingkatkan Ekskul Bidang Olahraga, Dikbud Sulawesi Tenggara Ciptakan Lingkungan dengan SDM Unggul

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Tingkatkan Ekskul Bidang Olahraga, Dikbud Sulawesi Tenggara Ciptakan Lingkungan dengan SDM Unggul
Kegiatan Ekskul olahraga basket di SMA Negeri 2 Raha. Foto: Ist.

" Kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga di sekolah merupakan upaya untuk mengembangkan kesehatan fisik, semangat sportif, dan kerja sama tim siswa "

KENDARI, TELISIK.ID – Pentingnya sebuah kegiatan ekstrakulikuler atau ekskul bidang olahraga, tak hanya dapat menambah kegiatan positif siswa, tetapi juga membentuk karakter siswa dengan mengajarkan nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama.

Satuan pendidikan atau sekolah dibebaskan dalam menentukan ekstrakurikuler pilihan yang akan diselenggarakan bagi peserta didik. Namun, kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan diharapkan tetap sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sebab, kegiatan ekstrakurikuler penting dalam memfasilitasi setiap bakat dan minat siswa serta mengembangkan karakter siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga di sekolah merupakan upaya untuk mengembangkan kesehatan fisik, semangat sportif, dan kerja sama tim siswa. Melalui berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, basket, voli, dan bulu tangkis, siswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mengasah keterampilan teknis, dan memperoleh pengalaman kompetitif.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dukung Pentingnya Pramuka di Lingkungan Sekolah

Tim olahraga sekolah juga sering berpartisipasi dalam berbagai kompetisi antar sekolah, yang dapat meningkatkan rasa persatuan dan semangat kebersamaan di antara siswa. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga tidak hanya mendukung keseimbangan antara aspek fisik dan mental siswa, tetapi juga membangun fondasi penting bagi pengembangan karakter dan kepribadian mereka.

Dikbud Sulawesi Tenggara ingin ciptakan lingkungan sekolah dengan SDM unggul melalui kegiatan ekskul bidang olahraga. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin, menjelaskan dalam visinya, komitmen untuk mengubah paradigma dan menciptakan lingkungan yang mendorong perkembangan potensi manusia ke arah yang lebih baik, termasuk di bidang olahraga.

‘’Membuat inovasi baru agar dunia pendidikan Sultra dilirik secara nasional dan global,” ujar Yusmin.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda 2023

Dilansir dari Solopos.com, ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka kedudukannya sebagai pendukung kegiatan intrakurikuler sekolah. Jadi, meski dilaksanakan di luar struktur kurikulum dan di luar jam pelajaran, tambahan  wawasan pengetahuan, ketrampilan, serta pengembagan karakter pada ekstrakurikuler sangat dibutuhkan sebagai modal dasar peserta didik.

Selain itu, salah seorang siswa SMA Negeri 2 Raha, Dinarty menjelaskan bahwa ada beberapa kegiatan ekskul yang ada di sekolahnya namun ia sendiri memilih bidang olahraga khususnya basket.

‘’Melalui ekskul bidang olahraga, kita bisa meningkatkan minat serta bakat kita yang dapat tersalurkan melalui even yang diadakan sekolah maupun menjadi perwakilan sekolah,’’ jelasnya. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga