Tingkatkan Kompetensi, 25 Mahasiswa UT Kendari Studi PKP di Dinas Perpustakaan Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 13 Juni 2023
0 dilihat
Tingkatkan Kompetensi, 25 Mahasiswa UT Kendari Studi PKP di Dinas Perpustakaan Konawe
Mahasiswa UT Kendari lakukan studi PKP di Dinas Perpustakaan Konawe. Foto: Ist.

" Guna meningkatkan kompetensi dan pengalaman di bidang perpustakaan, 25 mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Kendari melakukan Studi Praktik Kerja Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Guna meningkatkan kompetensi dan pengalaman di bidang perpustakaan, 25 mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Kendari melakukan Studi Praktik Kerja Perpustakaan (PKP) di Dinas Perpustakaan Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Perpustakaan Konawe, Musakkir Alqifli mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, Dinas Perpustakaan Konawe juga dapat terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan yang sedang ditempuh oleh para mahasiswa.

Ia menambahkan, kegiatan ini secara umum bisa meningkatkan literasi masyarakat Konawe karena sebagian besar mahasiswa yang sedang melakukan praktek ini berasal dari Konawe.

“Maka dari itu kita libatkan mereka dalam kegiatan sehari-hari di Dinas Perpustakaan ini, baik di bidang layanan maupun di bidang pembinaan,” lanjut Musakkir.

Baca Juga: Kembangkan Bidang Akademik UHO, UPT Perpustakaan Gelar Sosialisasi

Direncanakan, bersama Bidang Layanan dan Pembinaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Konawe, para mahasiswa ini akan berkunjung ke SMA Negeri 1 Wonggeduku pada hari Selasa (13/6/2023) untuk melakukan pembinaan perpustakaan sesuai standar nasional, dengan tujuan untuk lebih memahami bagaimana melakukan pembinaan perpustakaan di lapangan.

Ikhwan Nur Alam, salah satu mahasiswa peserta PKP menjelaskan bahwa studi PKP ini merupakan bagian dari program dalam rangka menyelesaikan studi di Universitas Terbuka UPBJJ Kendari tentang materi perpustakaan yang telah didapatkan di bangku kuliah kemudian daplikasikan di dunia kerja.

Baca Juga: Muna Kini Punya Perpustakaan Megah, Habiskan Anggaran Rp 10 Miliar

“Kegiatan PKP juga bertujuan untuk memberikan pengalaman serta meningkatkan kompetensi di bidang perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan,” kata Ikhwan.

Kegiatan studi ini sudah berlangsung sejak tanggal 16 Mei 2023 dan rencananya akan ditempuh selama kurang lebih sebulan, yang artinya sebentar lagi akan berakhir.

Ditempatkan di bidang layanan dan pembinaan, para mahasiswa ini sudah banyak melakukan kegiatan selama PKP, di antaranya mempraktikkan secara langsung mengolah buku yang masih mentah dengan cara klasifikasi, katalogisasi, hingga buku siap disajikan untuk dibaca oleh pengunjung perpustakaan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga