Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kerja, Pelaku Usaha Pariwisata Ikut Sertifikasi Profesi

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Kerja, Pelaku Usaha Pariwisata Ikut Sertifikasi Profesi
Tingkatkan kompetensi dan profesionalisme kerja, pelaku usaha pariwisata ikuti sertifikasi kompetensi SDM pariwisata. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" World Bank atau Bank Dunia berkolaborasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melaksanakan program sertifikasi SDM pariwisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia salah satunya di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - World Bank atau Bank Dunia berkolaborasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melaksanakan program sertifikasi SDM pariwisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia salah satunya di Kota Baubau.

Dalam upaya pelaksanaan  program sertifikasi profesi itu, Kementrian Pariwisata  bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi (BNSP), sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam menguji dan memberikan sertifikasi kepada pelaku usaha pariwisata. Sertifikasi itu akan menjadi bukti kompetensi dan kualifikasi profesional yang diakui secara nasional.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat kami tunggu-tunggu, utamanya kami yang bergerak di bidang event organizer. Karena sertifikat BNSP itu kan adalah pengakuan dari negara secara nasional dan resmi terhadap profesi kita, tentu sangat penting dan membantu kami apalagi saat kerjasama dengan pemda, pemda perlu melihat sertifikat MICE tersebut sebagai salah satu syarat kerjasama," jelas Pelaku Usaha Pariwisata Bidang Event Organizer, Andi Lopes dalam keterangan pers.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Ajak Pelaku Ekraf Sulawesi Tenggara Bencmarking Industri Kreatif di Bandung

Fasilitator Kementrian Pariwisata, Dewi Rahma menjelaskan, pelaksanaan sertifikasi SDM pariwisata yang berlangsung selama 4 hari tersebut, bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kualitas SDM, khususnya di bidang pariwisata secara penuh.

"Ke depannya kami dari pemerhati pariwisata tentu berharap ada output nyata dari kegiatan ini, outputnya itu teman-teman yang sudah mendapatkan sertifikasi harus diperdalam lagi pemahaman dan praktiknya dalam tahap pembinaan dan semoga lebih diberdayakan dengan pemda setempat," ucapnya, Jumat (9/6/3023)

Para pelaku usaha pariwisata yang berhasil lulus sertifikasi akan diberikan sertifikat resmi yang dapat menjadi bukti keahlian dan kualifikasi profesional, sesuai dengan skema sertifikasi yang mereka daftar.

Baca Juga: Infrastruktur Transportasi Mendukung Pembangunan Sektor Pariwisata di Sulawesi Tenggara

Saat dimintai keterangan oleh pihak Telisik.id,  Tour Guide atau Pemandu Wisata, Sumarni mengaku, senang dan merasa terbantu dengan adanya program sertifikasi profesi bagi SDM Pariwisata.

"Saya bersyukur bisa ikut kegiatan ini, salah satu jalan juga untuk kami memberikan kepercayaan kepada masyarakat, tugas kami ini sudah sesuai dengan keahlian dan profesional kerja. Jadi lebih siap untuk mengedukasi masyarakat dan tentu bisa lebih kompeten lagi dalam memandu," jelasnya. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga