Tingkatkan Kompetensi, Puluhan Perawat di Bombana Ikuti Ukom Ners

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 25 April 2021
0 dilihat
Tingkatkan Kompetensi, Puluhan Perawat di Bombana Ikuti Ukom Ners
Pelaksanaan Ujian Kompetensi Retaker Ners di Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Ujian Kompetensi Retaker Ners ini adalah ujian kompetensi yang wajib diikuti oleh perawat untuk mendapatkan sertifikat ners. di Bombana terdapat 21 perawat yang ujian "

BOMBANA, TELISIK.ID - Puluhan perawat di Kabupaten Bombna ikuti ujian kompetensi (Ukom) retaker secara online, Minggu (25/4/2021).

Sebagai organisasi penyelenggara, Ketua PPNI Bombana, Satar, S.KM, M.Kes menyebutkan bahwa pelaksanaan ujian kompetenasi ners bagi perawat dilakukan secara nasional. Kabupaten Bombana sendiri mendapatkan kuota 25 peserta ujian, namun hanya diikuti sebanyak 21 orang perawat.

Kata Satar, Ujian Kompetensi Retaker Ners adalah ujian kompetensi yang dilakukan bagi perawat yang telah mengikuti kompetensi lebih dari satu kali namun belum dinyatakan lulus dan tidak berhak mendapatkan sertifikat ners.

"Ujian Kompetensi Retaker Ners ini adalah ujian kompetensi yang wajib diikuti oleh perawat untuk mendapatkan sertifikat ners. di Bombana terdapat 21 perawat yang ujian," ujar Satar saat ditemui di lokasi ujian.

Baca Juga: KPK Dalami Peran Wakil Ketua DPR dalam Kasus Suap Tanjungbalai

Dari peserta yang ada, terdapat 4 peserta yang telah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil sementara yang lainnya masih berstatus sebagai PHTT di berbagai Puskesmas.

"Ada 4 orang sudah PNS, yang lainnya masih PHTT," sebutnya.

Ketua PPNI Bombana menjelaskan bahwa bagi perawat yang dinyatakan lulus pada tahapan ujian kompetensi ini, bakal mendapatkan sertifikat ners yang kemudian menjadi syarat utama memohon mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) keperawatan.

"Ujian kompetensi ini sangat penting karena salah satu syarat utama mendapatkan STR harus memiliki sertifikat ners," pungkasnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga