Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa Lewat Kewirausahaan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa Lewat Kewirausahaan
Sesi foto bersama festival kewirausahaan yang diselenggarakan oleh IAIN Kendari melalui UKM Kewirausahaan. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Perguruan tinggi merupakan salah satu fondasi dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Perguruan tinggi perlu didorong sehingga menjadi mesin pendorong untuk Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi melalui inovasi yang menjadi dasar pertumbuhan ekonomi "

KENDARI, TELISIK.ID - Perguruan tinggi merupakan salah satu fondasi dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Perguruan tinggi perlu didorong sehingga menjadi mesin pendorong untuk Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi melalui inovasi yang menjadi dasar pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu, perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan publikasi ilmiah tetapi bisa menghasilkan SDM dan menciptakan inovasi yang mendongrak pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Perguruan tinggi juga harus mampu memenuhi harapan masyarakat sebagai agen transformasi sosial dan ekonomi bangsa, sehingga bisa mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Aksi Mogok Makan Mahasiswa Sulawesi Tenggara Peduli Masyarakat Sumbawa Barat

Wujud dari menciptakan SDM yang unggul melalui kewirausahaan. Peran kewirausahaan sendiri sangat berdampak pada mahasiswa. Kondisi ini juga menekankan lulusan perguruan tinggi tidak hanya sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, namun dituntut memiliki kompetensi dan keterampilan yang dimiliki, agar dapat menciptakan lapangan kerja sesuai dengan minat dan bakatnya.

Salah satu wujud dalam mengembangkan SDM yang unggul di tingkat perguruan tinggi adalah lomba kewirausahaan yang digelar oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui UKM Kewirausahaan, lomba ini diikuti antar mahasiswa dari berbagai universitas.

Dalam rangkaian lomba yang digelar, pesera berasal dari berbagai universitas yang ada di Sulawesi Tenggara dengan beragam produk UMKM yang dimiliki.

Selaku dewan juri, Irawati mengatakan, festival kewirausahaan merupakan program yang sangat baik, karena memotivasi mahasiswa untuk membuat produk yang inspiratif dan produk-produk baru.

"Program ini juga mengajarkan pada mereka bagaimana caranya berbisnis, membuat produk baru, mengatur keuangan," ungkapnya, Rabu (28/12/2022).

Irawati juga mengapresiasi semua produk mahasiswa yang mengikuti kegiatan sangat kreatif, bahkan beberapa di antaranya tidak pernah terpikirkan oleh dewan juri.

Baca Juga: Pedagang Diminta Tak Permainkan Harga Pangan Jelang Nataru

Ketua Forum Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Hakim berharap, peserta yang menjadi pemenang bisa semakin semangat dan yang belum berkesempatan untuk tidak berkecil hati.

Seorang juri, Ketua Umum HIPTI yang diwakili oleh Wakil Sekretaris (Wasekjen) HIPTI, Meiyanti sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IAIN Kendari. Ia mengatakan, kewirausahaan sendiri jika dikelola dengan baik akan membantu perekonomian Indonesia, ia juga berharap mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitasnya demi bersaing di kancah nasional dan internasional.

Selain diikuti oleh mahasiswa dari beragam universitas di Sulawesi Tenggara, beberapa dari produk yang ditampilkan tersebut bahkan sudah memiliki pasarannya sendiri. Lomba ini diikuti sebanyak 12 pelaku UMKM mahasiswa yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga