Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, UHO Kendari dan LPP FBDH Teken MoU

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 23 Maret 2022
0 dilihat
Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, UHO Kendari dan LPP FBDH Teken MoU
Ketua umum LPP-FBDH, KPA Citropanuwun Al Abdussalam Aziz dan Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu, usai melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Foto: Ist

" Tingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID – Tingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages (LPP FBDH), melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tiga poin utama, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyaraka, Rabu (23/3/2022).

Di mana MoU itu kata dia, merupakan sebuah proyek penerangan menggunakan tenaga surya dan pihaknya akan melakukan pendampingan serta pengajaran, baik melalui pelatihan atau pun sosialisasi.

Karena menurutnya, tenaga surya membutuhkan maintenance dan lain sebagainya, jadi dibutuhkan pemahaman lebih kepada masyarakat.

"Berarti kita nanti melakukan pengabdian bagi masyarakat bagaimana untuk merawat dan mengelola sel surya, kemudian kita akan turun tangan untuk pendampingan proses audit dan lain sebagainya," jelasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UHO Laksanakan Audit Komunikasi ke Telisik.id

Lanjut, dengan proyek penerangan tersebut, ia berharap, agar bagaimana pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan, terutama di daerah pesisir.

"Karena seperti yang kita ketahui saat ini, tidak semua wilayah punya listrik," ucapnya.

Tempat sama, Ketua Umum LPP-FBDH, KPA Citropanuwun Al Abdussalam Aziz mengatakan, MoU tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas sumber daya energi listrik terbarukan.

Tidak lain untuk meningkatkan meningkatkan SDM dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: Wujudkan Program MBKM, UHO Kendari dan Unmus Merauke Teken MoU

"Yakni melalui, pendidikan, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat agar tercapai daya guna dan hasil guna, sesuai harapan kita semua," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas sangat mengapresiasi atas terselenggaranya MoU itu, karena nantinya pengaplikasian dari perjanjian tersebut akan sangat penting untuk pembangunan daerah Sultra khusunya.

"Indonesia ini kan mempunyai potensi surya yang sangat besar, karena terletak di daerah khatulistiwa," singkatnya. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga