Tingkatkan Mutu Pendidikan, 141 Kepala Sekolah di Kota Kendari Ikut Bimtek

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Tingkatkan Mutu Pendidikan, 141 Kepala Sekolah di Kota Kendari Ikut Bimtek
Peserta bimtek yang diikuti oleh 141 kepala sekolah jenjang TK, SD dan SMP se-Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sebanyak 141 kepala sekolah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi. Pelaksanaan bimtek itu diikuti dari tingkat TK, SD, dan SMP se-kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 141 kepala sekolah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi. Pelaksanaan bimtek itu diikuti dari tingkat TK, SD, dan SMP se-kota Kendari.

Bimtek itu dalam rangka memastikan para kepala sekolah memiliki kompetensi, karena kepala sekolah merupakan kepala satuan di masing-masing tingkat pendidikan, baik itu TK, SD, SMP.

Selain diharapkan memiliki kompetensi teknis, kepala sekolah juga diharapkan memiliki keahlian dalam bidang mengajar, kompetensi manajerial, kewirausahaan dan sosiokuktural.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyebut, melalui bimtek akan menghasilkan kepala sekolah yang memiliki kemampuan, teknik, skill. Peran kepala sekolah sangat vital, keberpihakan pemkot pada masyarakat juga sangat baik di tengah minimnya APBD 2023, pemkot masih mengutamakan alokasi dana pendidikan sudah melebihi dari mandatory spending.

Baca Juga: SMK se-Kota Kendari Dicanang Punya Kemampuan Wirausaha

"Karena mugkin kita bisa meningkatkan pendidikan ataupun mencerdaskan masyarakat Kota Kendari, kalau pemimpin di satuan sekolah masing-masing tak memiliki kemampuan atau kompetensi tersebut," ucapnya.

Asmawa menuturkan mandatory spending minimal 20 persen, Kota Kendari sudah di angka 22,41 persen. Itu menjadi pendorong bagi tenaga pendidik, terkhusus kepala sekolah di semua level pendidikan.

"Penekanan kami adalah bagaimana kalau sekolah ini tidak hanya kompetensi. Tapi juga integritas dan akuntabilitas pengelolaan program kegiatan di sekolah," tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dimudora) Kota Kendari, Saemina mengatakan, bimtek peningkatan perlu diadakan karena kepala sekolah adalah ujung tombak di satuan pendidikan. Dengan adanya bimtek, kepala sekolah bisa melaksanakan fungsi selain manajerial, kewirausahaan dan supervisi.

Baca Juga: Jalan Rusak Depan SPBU Anduonohu Kota Kendari jadi Keluhan Warga

"Perubahan dengan adanya kurikulum merdeka ini, maka diharapkan untuk lebih giat mengembangkan potensi. Sehingga dengan pengembangan diri dan kompetensinya itu, bisa bekerja dengan baik," tuturnya.

Seorang oeserta bimtek yang juga Kepala Sekolah SMPN 5 Kendari, Muh Nurdin menuturkan, bimtek sangat baik dan bisa meningkatkan skill kepala sekolah. Ia juga menilai pemkot sangat perhatian dengan dunia pendidikan.

Ini adalah kegiatan perdana setelah dua tahun lalu terjadinya pandemi COVID-19. Anggaran pendidikan adalah 20 persen yang harus ditetapkan. Kegiatan itu dilaksanakan di ruang Phinisi Hotel Claro Kota Kendari yang berlangsung selama 3 hari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga