Tingkatkan SDM Sektor Pendidikan, Pemda Kolaka Timur Gandeng Putera Sampoerna

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 22 Oktober 2022
0 dilihat
Tingkatkan SDM Sektor Pendidikan, Pemda Kolaka Timur Gandeng Putera Sampoerna
Penanda Tanganan MoU Plt Bupati Kolaka Timur dengan Putera Sampoerna Foundation dalam program Bantuan Pendidikan, Jumat (21/10/2022). Foto : Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur membuat komitmen dalam membangun generasi muda yang berkualitas, berdaya saing dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur membuat komitmen dalam membangun generasi muda yang berkualitas, berdaya saing dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Jumat (21/10/2022).

Ini ditandai dengan penandatanganan MoU dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) dalam Program Bantuan Pendidikan tingkat Sarjana di Universitas Sampoerna (Kerjasama dengan Arizona University, USA) dan Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik di Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Plt Bupati Kabupaten Kolaka Timur, Abdul Azis dan Mutmainna Syahril selaku Head of Fundraising Putera Sampoerna Foundation di Gedung Sampoerna Strategic Square, Jumat, 21 Oktober 2022 kemarin.

Baca Juga: DPRD Dukung Pj Wali Kota Kendari Asesmen Kepala OPD, Termasuk Kabid, Camat dan Lurah

“Kerjasama ini merupakan suatu bentuk nyata kami dalam peningkatan kualitas SDM dan pendidikan melalui program bantuan pendidikan tingkat sarjana di Universitas Sampoerna. Serta pengembangan keterampilan pendidik dan perluasan terhadap akses pelatihan guru berkualitas melalui program peningkatan kompetensi tenaga pendidik," jelas Abdul Aziz.

Penanda Tanganan MoU Plt Bupati Kolaka Timur dengan Putera Sampoerna Foundation dalam program Bantuan Pendidikan, Jumat (21/10/2022).Foto : Ist.

 

Lebih lanjut, Abdul Aziz menjelaskan, ini merupakan langkah awal menjadikan SDM Kolaka Timur tangguh dan siap menghadapi tantangan global. Dengan adanya berbagai tantangan pada akses pengembangan profesional, sektor publik dan swasta harus berperan aktif dalam kolaborasi untuk menentukan pendekatan yang dapat diakses dan berkelanjutan.

"Program-program pendidikan yang diberikan pemerintah untuk mendukung kebutuhan daerah dalam mengembangkan pendidikan dan profesional guru yang diharapkan bisa memberikan praktik baiknya di berbagai daerah," tegasnya.

Sementara itu, Head of Fundraising Putera Sampoerna Foundation, Mutmainna Syahril mengatakan, jika melihat potensi para siswa-siswi dan para pendidik di wilayah Kolaka Timur serta dukungan dari pemerintah daerah, diharapkan program ini menjadi langkah awal untuk bisa memberikan akses pelatihan dan akses pendidikan bertaraf internasional yang berkualitas.

"Sehingga ini akan menghasilkan tenaga pendidik dan peserta didik yang cemerlang dan mampu berdaya saing di era Revolusi Industri 4.0," ungkapnya.

Penanda Tanganan MoU Plt Bupati Kolaka Timur dengan Putera Sampoerna Foundation dalam program Bantuan Pendidikan, Jumat (21/10/2022).Foto : Ist.

 

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah institusi Bisnis Sosial pertama yang didirikan atas kepedulian Bapak Putera Sampoerna (Founder) dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Sejak didirikan pada tahun 2001, PSF telah berkontribusi melalui Program Beasiswa yang telah diberikan kepada kurang lebih  30.000 siswa siswi  prasejahtera yang memiliki kemampuan terbaik.

PSF juga menitik beratkan kepada pengembangan professional guru dan tenaga kependidikan dengan memberikan pelatihan kepada lebih dari 30.000 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah mengadopsi 17 sekolah negeri dan 5 madrasah.

Baca Juga: Pembangunan Wakatobi jadi Topik Utama di Peringatan Maulid

Pada tahun 2009 PSF meluncurkan program sekolah bertaraf internasional, Sampoerna Akademi (SA) dan Sampoerna University (SU) dengan fakultas Engineering, Business dan Education.

Tentang Universitas Sampoerna (SU)  merupakan institusi Pendidikan yang beroperasi berdasarkan lisensi dan otoritas dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Didirikan dengan standar nasional dan internasional.

Universitas Sampoerna memiliki kualifikasi unik untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada masyarakat melalui pendidikan. SU memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Teknik (Prodi Teknik Mesin,Teknik Industri, Sistem Informatika, Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual), Fakultas Bisnis (Prodi Management dan Accounting), Fakultas Art and Science (Prodi Psikologi) dan  Fakultas Pendidikan  (Prodi Bahasa Inggris ). (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Baca Juga