Tinjau Fasilitas Kesehatan, Pj Bupati Konawe: Kita Bakal Anggarkan Mobil Operasional

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Tinjau Fasilitas Kesehatan, Pj Bupati Konawe: Kita Bakal Anggarkan Mobil Operasional
Pj Bupati Konawe saat melakukan peninjauan fasilitas kesehatan di Puskesmas Routa. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, lakukan peninjauan terhadap fasilitas serta pelayanan kesehatan di Puskesmas Routa "

KONAWE TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, lakukan peninjauan terhadap fasilitas serta pelayanan kesehatan di Puskesmas Routa, Sabtu (21/10/2023).

Kepala Puskesmas Routa, Sukarman menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan bantuan dari PT SCM berupa fasilitas kursi, meja dan bad, namun itu juga belum mencukupi.

Sukarman menambahkan untuk SDM di Puskesmas Routa sudah luar biasa dengan ASN 9 orang, PPPK 21 orang, peserta nusantara sehat ada 9 orang, dan PA 5 orang.

"Artinya untuk kebutuhan tenaga kesehatan kita cukup tetapi kembali lagi dengan fasilitas operasional kami yang terbatas kita juga susah," ungkapnya.

Baca Juga: Warga Routa Curhat ke Pj Bupati Konawe Soal Infrastruktur

Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah Konawe untuk memberikan bantuan kendaraan operasional guna menunjang pelayanan kesehatan di Kecamatan Routa.

Sukarman menjelaskan, untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Routa terbilang lengkap seperti Pelayanan Poli Umum, KIA, Gigi, Kesling, Promkes, dengan lansia.

"Semua pelayanan ada untuk rawat jalannya," bebernya.

Tempat sama, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan, itu menjadi perhatian pemda bagaimana tingkat fasilitas kesehatan di daerah terpencil bisa memadai.

Baca Juga: Kunjungi Titik Nol Kilometer, Pj Bupati Konawe Segera Kerjakan Jalan Latoma-Routa

Ia menambahkan untuk Puskesmas Routa masih ada kekurangan fasilitas pendukung seperti kendaraan operasional, kemudian speed boat untuk pasien rujukan.

"Karena rumah sakit rujukan terdekat dari sini ada di Sorowako, Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Harmin menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan IKIP untuk membahas terkait dana CSR untuk membatu mobil operasional di Puskesmas Routa.

"Tahun depan kita anggarkan mobil operasional untuk puskesmas di sini," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga