Tinjau Kesiapan HPN, Menteri LHK Sambangi Taman Nasioal Rawa Aopa Watumohai

Ashar Hamka, telisik indonesia
Sabtu, 05 Februari 2022
0 dilihat
Tinjau Kesiapan HPN, Menteri LHK Sambangi Taman Nasioal Rawa Aopa Watumohai
Saat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyambangi lokasi TNRAW dalam rangka HPN. Foto: Ist

" Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang di pusatkan di bumi Anoa, Sulawesi Tenggara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang di pusatkan di bumi Anoa, Sulawesi Tenggara (Sultra), sisa menghitung hari.

Salah satu puncak kegiatan hari jadi bagi para kuli tinta nasional ini ialah kegiatan pelepas liaran hewan jenis Anoa dan Rusa, di Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Guna memastikan kelancaran kegiatan yang direncanakan bakal dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Jumat (4/2/2022) kemarin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, menyambangi lokasi TNRAW. Dalam kunjungan kerja tersebut, sang Menteri LHK berdecak kagum dan memuji panorama dari Rawa Aopa.

Kawasan yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Bombana sangat unik, karena memiliki kekayaan alam yang berbeda dan empat ekosistem yakni Savana, mangrove, hutan tropis dan rawa.

"Panorama TNRAW memiliki keunikan tersendiri, apalagi padang savana yang begitu luas enak dipandang. Kawasan ini juga merupakan tempat perlindungan satwa langka dan endemik, seperti Anoa, Rusa dan jenis primata lainnya," ujar Siti Nurbaya, di hadapan Wakil Bupati Konsel, Rasyid dan para Dirjen KemenLHK yang mendampingi saat kunjungan kerjanya di lokasi penangkaran hewan langka Anoa dan Rusa di TNRAW Desa Tatangge Kecamatan Tinanggea.

Dengan potensi kekayaan alam, Menteri Siti Nurbaya berharap dapat memberi manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitar. Ia berjanji, pengembangan TNRAW menjadi program prioritas KemenLHK saat ini maupun ke depan.

Baca Juga: Komit Pemkab Manggarai Tidak Ada Lagi Kades Masuk Bui

"Potensi sebesar ini juga diincar banyak pihak, karena potensi unggulan yang berbeda dengan kawasan taman lain. Kami berkomitmen terus membangun lokasi ini untuk pelestarian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui konsep pengembangan wisata alam terintegrasi baik savana, mangrove dan pegunungan dataran rendah," ungkapnya.

Wabup Konsel, Rasyid saat mendampingi Kunker Siti Nurbaya dan jajarannya menyatakan, menyambut baik kesan awal sang menteri dan perhatian lebih pihak Kementerian LHK.

Baca Juga: Ali Mazi: Belum Ada yang Tanya, Apa Motivasi Saya Jadi Gubernur?

“Harapan kami sinergitas antar lembaga terus terjalin demi menjaga keseimbangan ekosistem alam dan mendorong geliat ekonomi masyarakat sekitar, baik melalui eko wisata maupun pemanfaatan hasil perikanannya melalui penangkapan ikan di sungai dalam lingkungan TNRAW,“ tutur Rasyid. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga