Tips Bangun Pagi Agar Tak Kesiangan Salat Subuh

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 06 Juni 2023
0 dilihat
Tips Bangun Pagi Agar Tak Kesiangan Salat Subuh
Salat adalah kewajiban semua umat Muslim, salah satu yang paling berat dilakukan adalah salat subuh karena waktunya di pagi buta saat kondisi tubuh masih mengantuk. Foto: Repro Rumahamal.org

" Bangun pagi sebenarnya bisa dilakukan dengan membiasakan tubuh merespon untuk bangun saat mendengar azan subuh atau alarm "

KENDARI, TELISIK.ID – Salat subuh menjadi salah satu ibadah yang paling berat ditunaikan oleh umat Muslim karena dilakukan di pagi buta, saat kondisi tubuh masih mengantuk.

Meski begitu, bangun pagi sebenarnya bisa dilakukan dengan membiasakan tubuh merespon untuk bangun saat mendengar azan subuh atau alarm.

Dilansir dari Sumeks.disway.id, berikut 7 tips atau cara Islami, agar bisa bangun subuh untuk melaksakan salat subuh sebelum memulai aktivitas.

1. Atur jadwal tidur

Pada umumnya tubuh kita membutuhkan waktu 6 sampai 7 jam sehari untuk beristirahat. Untuk itu, apabila kita ingin bangun lebih awal, tidurlah sebelum larut malam.

2. Jangan lupa berdoa sebelum tidur

Ada doa yang biasa dibaca umat Islam saat hendak memejamkan mata untuk beristirahat. Doa yang paling sederhana yakni "Bismika Allahumma Amuutu Waa Ahya" artinya Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.

Baca Juga: 7 Posisi Bisa Berdoa dalam Salat

Namun, sebagaimana ajaran Nabi Muhammad SAW menyuruh umatnya untuk membaca sejumlah doa dan ayat-ayat Al-Qur'an ketika hendak tidur.

Dikutip dari Hype.grid.id, Anda bisa meminta kepada Allah untuk dibangunkan sebelum subuh. Berikut doanya.

Allahumma bi haqqi hazihil ayatis syarifati aiqidzni fi waqti kaza wa kaza, fainna ruhi bi yadika wa anta tatawaffal anfusa khina mautiha wallati lam tamut fi manamiha. Allahummaj'alni mimman yuzkuruka fa tazkuruni wa astaghfiruka fa taghfiruli innaka taf'alu ma takhtaru wa tahkumu ma turidu.

Artinya:

" Ya Allah, dengan kebenaran ayat yang mulia ini, bangunkanlah aku di waktu ini, sesungguhnya ruhku ada di genggaman-Mu, Engkau mewafatkan jiwa saat matinya dan yang tidak mati pada waktu tidurnya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang yang mengingat-Mu dan Engkau mengingatku, dan aku memohon ampunan kepada-Mu dan Engkau mengampuni aku, sesungguhnya Engkau berbuat sesuatu yang Engkau pilih dan menetapkan sesuatu yang Engkau inginkan."

3. Lakukan amalan-amalan Rasulullah

Beberapa amalan Nabi Muhammad SAW sebelum tidur yakni selalu berwudhu, kemudian membaca doa, lalu membersihkan tempat tidur. Namun, ada satu amalan lagi yang biasanya dikerjakan Nai Muhammad SAW yakni tidur miring kekanan menghadap kiblat.

4. Tanamkan untuk salat subuh

Selalu tanamkan dalam pikiran bangun pagi untuk melakukan ibadah wajib salat subuh. Karena salat subuh lebih tinggi kewajibannya daripada bangun pagi karena ada janji ataupun bekerja, bahkan hendak bepergian sekalipun.

5. Jangan tidur lagi

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Agar Mudah Salat Subuh di Awal Waktu

Sebagian umat Muslim mungkin lebih memilih untuk tidur lagi usai menunaikan ibadah salat subuh. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari. Usahakan jangan tidur lagi dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat lainnya seperti zikir pagi ataupun membaca Al-Qur'an.

6. Rutinkan berolahraga

Selanjutnya yakni rutin untuk melakukan olahraga di pagi hari usai menunaikan salat subuh, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar. Cara ini efektif bagi yang merasa sangat mengantuk setelah bangun untuk menunaikan ibadah salat subuh.

7. Keluar rumah menghirup segarnya udara pagi

Bila Anda kurang suka berolahraga di pagi hari, ada baiknya untuk tetap keluar rumah barang sebentar untuk menghirup udara pagi. Bisa juga hanya untuk menyapa tetangga yang telah berlalu lalang beraktivitas sehari-hari. Atau bisa juga keluar rumah meskipun hanya untuk membeli sarapan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga