Tips Bersihkan dan Rawat Marmer

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 30 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Bersihkan dan Rawat Marmer
Marmer merupakan jenis batu pualam. Marmer banyak Anda temukan digunakan pada berbagai macam furniture rumah seperti lantai, permukaan meja, alat-alat rumah tangga lainnya. Foto: Kompas.com

" Bagi sebagian orang menggunakan marmer. Marmer merupakan jenis batu pualam. Marmer banyak Anda temukan digunakan pada berbagai macam furniture rumah seperti lantai, permukaan meja, alat-alat rumah tangga lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi sebagian orang menggunakan marmer. Marmer merupakan jenis batu pualam. Marmer banyak Anda temukan digunakan pada berbagai macam furniture rumah seperti lantai, permukaan meja, alat-alat rumah tangga lainnya.

Mungkin anda belum mengetahui  bagaimana membersihkan marmer, berikut cara bersihkan marmer dikutip dari Kompas.com dan bintaroclean.co.id:

1. Sabun cuci piring

Cara membersihkan marmer pertama bisa Anda lakukan dengan menggunakan sabun cuci piring. Sabun yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci piring ternyata juga bisa digunakan untuk membuat tampilan marmer menjadi lebih mengkilap.

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan alat dan bahannya. Seperti baskom kecil, sabun cuci piring, kain lap dan air hangat sekitar setengah gayung. Selanjutnya tuangkan sabun cuci piring pada baskom yang sudah berisi air hangat. Campur hingga merata dan gunakan kain lap halus untuk membersihkannya.

Baca Juga: Tips Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Rusak, Lakukan Pengaturan Tersembunyi Ini

2. Pembersih khusus untuk marmer

Cara mengkilapkan marmer yang kusam dengan mudah selanjutnya adalah menggunakan bahan yang memang khusus digunakan untuk membersihkan marmer. 

Bahan ini akan lebih aman dan cocok digunakan karena sudah diformulasikan khusus untuk membersihkan marmer. Jika menggunakan pembersih ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan campuran bahan lainnya lagi.

3. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa Anda gunakan untuk membantu membersihkan marmer agar tetap bersih dan mengkilap. Bahan kimia ini sudah diketahui bagus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada marmer Anda. Bahan ini bahkan dikhususkan untuk membantu membersihkan kotoran yang bersifat asam.

Selain cara, berikut adalah tips merawat marmer agar lebih tahan lama:

1. Hindari bahan kimia keras

Marmer rentan terhadap asam dan alkali. Hindari menggunakan bahan kimia keras atau pembersih yang mengandung asam atau alkali, seperti cuka, jus lemon, atau pemutih.

Baca Juga: 5 Merek Air Mineral Terbaik di Indonesia, Hanya Dua Gampang Dicari

2. Gunakan kain lembut

Gunakan kain lembut atau sikat berbulu lembut untuk membersihkan marmer. Hindari menggunakan kain atau sikat yang keras, karena dapat menggores permukaan marmer.

3. Lakukan perawatan secara rutin

Bersihkan marmer secara rutin untuk mencegah noda dan goresan. Anda dapat membersihkan marmer dengan sabun cuci piring ringan dan air hangat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga