Tips Bersihkan Karpet Selain Vakum Cleaner

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juli 2023
0 dilihat
Tips Bersihkan Karpet Selain Vakum Cleaner
Karpet merupakan aksesori yang penting untuk dimiliki di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain. Anda bisa mencoba membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner dengan mudah. Foto: Jagoancleaning.id

" Kebanyakan orang akan menggunakan vacuum cleaner saat membersihkan karpet. Karpet merupakan aksesori yang penting untuk dimiliki di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebanyakan orang akan menggunakan vacuum cleaner saat membersihkan karpet. Karpet merupakan aksesori yang penting untuk dimiliki di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain.

Selain menambah kenyamanan, karpet juga dapat memperindah ruangan. Tak sedikit orang menggunakan vakum cleaner ataupun langsung membawa ke laundry.

Namun, ada lo cara membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner dengan mudah seperti dilansir dari Kompas.com dan artikel.rumah123.com:

1. Bersihkan dengan sapu lantai

Cara membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner yang pertama ialah menggunakan sapu dan pengki. Meski cara ini dikenal jadul, namun cukup efektif untuk menghilangkan noda dan kotoran di lantai maupun karpet. 

Baca Juga: Tips Kuliahkan Anak dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Kamu hanya perlu menyapu karpet dengan teknik satu arah agar kotoran di karpet dapat terangkat dengan baik. Kemudian, kamu bisa membuang kotoran tersebut dengan menaruhnya di pengki. Sebaiknya gunakan sapu dengan bulu agak keras seperti sikat agar lebih bersih. 

2. Gunakan sticky roller

Cara membersihkan karpet dengan vacuum cleaner selanjutnya adalah dengan sticky roller. Bentuknya alat ini seperti roller biasa, namun bagian rolnya berupa lembaran kertas yang lengket.

Alat ini sangat berguna untuk membersihkan bulu binatang atau bulu halus lainnya di permukaan kain. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kotoran yang menempel di karpet. Hanya saja semakin lebar karpet di rumah maka akan semakin banyak lembaran sticky roller yang kamu butuhkan.

3. Cuci dengan air

Siapkan ember kecil, sikat, serta deterjen untuk membersihkan karpet. Kemudian bawa karpet ke kamar mandi atau garasi agar lebih leluasa.

Tuangkan air dan deterjen di dalam ember dan basahi sikat dengan campuran tersebut. Gosok perlahan sikat di atas karpet untuk mengangkat seluruh debu dan kotoran. Jika seluruh bagian karpet sudah kamu gosok, bilas menggunakan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Ini Hal Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Nama Bayi

4. Gunakan soda kue

 

Bawalah karpet Anda ke luar untuk mengibaskan kotoran yang menempel, atau Anda bisa menggunakan penyedot debu. Disarankan untuk menggunakan sambungan bulu sikat yang dapat berputar atau rotating brush. Ini akan membantu menembus lapisan karpet untuk menghilangkan partikel kotoran dengan mudah.

Untuk menetralkan bau tak sedap, Anda dapat memanfaatkan soda kue. Ada baiknya untuk menaburkan soda kue pada area yang berbau dan membiarkannya selama beberapa jam hingga semalaman.  

Untuk tumpahan cairan, penting untuk bertindak cepat. Walsh menyarankan untuk membersihkan partikel yang lepas atau kering dengan tangan atau menggunakan sendok bulat terlebih dahulu, yang tidak akan merusak seratnya.

Selanjutnya, cukup bersihkan noda dengan mikrofiber bersih atau tisu. Tekan-tekan noda dan ulangi dengan kain kering sampai cairan terserap. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga