Tips Bersihkan Westafel Keramik dan Stainless Steel

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Tips Bersihkan Westafel Keramik dan Stainless Steel
Tips Bersihkan Westafel dari Keramik dan Stainless Steel

" Westafel merupakan bagian dapur yang perlu dibersihkan. Penyebabnya seringkali sisa-sisa makanan dan kotoran dari peralatan makan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Westafel merupakan bagian dapur yang perlu dibersihkan. Penyebabnya seringkali sisa-sisa makanan dan kotoran dari peralatan makan.

Melansir Kompas.com, Fiona Mills adalah mantan teknisi dan pelatih bisnis waralaba di Spaulding Decon yang berbagi cara membersihkan wastafel dengan benar, baik wastafel keramik maupun wastafel atau bak cuci piring stainless steel.

Berikut beberapa cara membersihkan wastafel keramik:

1. Gunakan pembersih dari baking soda

Pasta soda kue buatan sendiri adalah alat yang sangat baik untuk membersihkan wastafel stainless steel dan keramik, ujar Mills. Mills menjelaskan bahwa baking soda atau soda kue dapat membantu membersihkan wastafel karena cukup abrasif untuk menghilangkan noda air keras dan zat berminyak di wastafel.

Baca Juga: Cara Gunakan Kompor Listrik untuk Pemula

Tetapi tidak cukup abrasif untuk menggores atau merusak permukaan stainless steel. Mills menyarankan untuk membuat pasta dari soda kue dan air.

2. Gunakan air hangat dan sabun

Mills juga menyarankan untuk membersihkan wastafel keramik seminggu sekali dengan air hangat dan sabun. Menurut dia, wastafel porselen juga harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali untuk mencegah penumpukan lemak, kotoran, dan buih sabun.

3. Jangan gunakan pemutih atau klorin

Mills juga menuturkan, jangan gunakan pemutih atau klorin pada wastafel karena akan merusak hasil akhir dari waktu ke waktu. Selain itu, Mills mengatakan untuk menghindari alkohol dan pembersih kaca pada wastafel pada umumnya karena dapat menghitamkan lapisan pelindung. Dia menambahkan bahwa panas dan air panas dapat dengan mudah menodai stainless steel.

2. Cara membersihkan westafel dari baja ringan dikutip dari Muliaceramics.com, basahi seluruh permukaan wastafel dengan air hangat, taburi wastafel dengan soda kue dan gosok dengan kain lap atau busa hingga membentuk seperti adonan.

Baca Juga: Cara Hilangkan Noda Kunyit di Peralatan Masak

Sifat alkali dari soda kue akan membantu menghilangkan noda, buih sabun, pasta gigi yang mengerak, serta rambut yang menempel. Cara tersebut akan membuat wastafel terlihat lebih bersinar dari biasanya.

Lalu, gosok dengan sikat gigi bekas pada dempulan di sekitar wastafel, keran, dan bagian bawah karet penutup saluran air. Bersihkan bagian bawah karet penutup saluran air, karena bagian ini biasanya sangat kotor.

Bilas sikat gigi bekas sesering mungkin dan, jika perlu, tambahkan soda kue sesuai kebutuhan. Kemudian, bilas wastafel secara menyeluruh dengan air dan pastikan untuk membersihkan semua sisa-sisa soda kue dari permukaan wastafel. Lap hingga wastafel kering menggunakan kain lap bersih. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga