Tips dan Resep Bulgogi Ala Korea Rasa Bintang 5 dengan 3 Bahan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Tips dan Resep Bulgogi Ala Korea Rasa Bintang 5 dengan 3 Bahan
Bulgogi butuh daging yang bertekstur halus. Maka dari itu, pilih bagian tenderloin atau disebut juga daging has dalam. Foto: Repro Resepkoki.id

" Sebelum mencoba resep makanan asal negeri ginseng ini, ada baiknya mengetahui tips masak dan memilih daging bulgogi yang tepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulgogi adalah olahan daging asal negeri ginseng. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau daging sapi pilihan. Bumbu bulgogi berupa campuran kecap asin, gula serta ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea.

Sebelum mencoba resep makanan asal negeri ginseng ini, ada baiknya mengetahui tips masak dan memilih daging bulgogi yang tepat, seperti dilansir dari Resepkoki.id yaitu:

1. Gunakan daging tenderloin

Bulgogi butuh daging yang bertekstur halus. Maka dari itu, pilih bagian tenderloin atau disebut juga daging has dalam. Tenderloin dikenal sebagai bagian daging yang paling lembut. Selain itu, urat dan lemaknya juga lebih sedikit dibandingkan bagian yang lain. Sehingga, bulgogi yang dihasilkan empuk sekaligus juicy.

2. Potong daging dalam keadaan setengah beku

Daging pada bulgogi juga diiris tipis. Agar lebih mudah, iris daging saat masih setengah beku. Sebab, tekstur daging setengah beku masih padat dan tidak alot. Semakin tipis daging yang diiris, bumbu akan semakin meresap.

3. Rendam daging dengan bumbu khusus

Rasa khas bulgogi berasal dari bumbu rendamannya. Agar bumbu meresap, rendam daging minimal selama 2 jam. Selain lebih nikmat dan legit, daging juga akan terasa lebih empuk.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Menu Makan Malam Diet yang Enak dan Mudah Dibuat

Gunakan campuran bumbu seperti kecap asin, kecap manis, dan lada. Sebenarnya, bulgogi juga direndam dengan sari buah pir Korea. Tapi jika tidak ada, ganti saja dengan bumbu lain seperti saus tiram. Jangan lupa minyak wijen dan bawang bombai adalah bumbu yang jadi ciri khas bulgogi.

4. Gunakan wajan anti lengket

Bulgogi tidak dipanggang dalam waktu yang lama. Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan wajan anti lengket. Bisa juga gunakan wajan besi atau hot plate agar waktu masak lebih singkat.

Adapun resep bulgogi seperti dikutip Cnnindosia.com yaitu:

Bahan:

- 500 gram daging fillet ayam bagian paha (boleh pakai dada)

- 1 bagian bawang bombai

- Bumbu saus bulgogi instan

- Minyak secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan daging ayam dan potong-potong sesuai selera. Potong-potong bawang bombai sesuai selera.

Baca Juga: Donat Unik Dan Aneh di Dunia dari Campuran Hati Angsa hingga Donat Hantu

2. Campur ayam dengan bumbu saus bulgogi bersama bawang bombai dan marinasi minimal 30 menit. Setelah dimarinasi, panaskan sedikit minyak di wajan, lalu masukkan ayam saus bulgogi.

3. Masak dengan api sedang sekitar 15-20 menit sampai ayam matang sempurna. Koreksi rasa dan boleh ditambah bumbu tambahan seperti garam, gula, lada secukupnya.

4. Ayam bulgogi siap disajikan bersama nasi hangat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga