Tips Hamil Anak Laki-Laki, Pasutri Bisa Lakukan Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Tips Hamil Anak Laki-Laki, Pasutri Bisa Lakukan Ini
Anak laki-laki berasal dari sperma kromosom Y yang dihasilkan pria untuk pembuahan. Ketika sperma melewati kromosom Y, maka wanita akan mengandung anak laki-laki. Foto: Repro Ruangmom.com

" Dalam dunia medis pasutri bisa saja mendapatkan kelamin anak yang diinginkan dengan serangkaian tips dan program hamil "

KENDARI, TELISIK.ID – Anak adalah rezeki dari Tuhan, namun tidak ada salahnya berikhtiar menginginkan anak laki-laki atau perempuan. Dalam dunia medis pun pasutri bisa saja mendapatkan kelamin anak yang diinginkan dengan serangkaian tips dan program hamil.

Dilansir dari Haibunda.com dan Aceh.tribunnews.com, Anda bisa saja memiliki anak laki-laki dengan melakukan cara berikut.

1. Berhubungan seks di masa subur

Tim Naviri dalam Buku Pintar Ibu Hamil menjelaskan bahwa berhubungan seks di masa subur dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak laki-laki. Anda bisa menggunakan alat pengukur suhu untuk melihat kapan suhu tubuh meningkat, sebagai tanda masa subur.

"Apabila menginginkan bayi laki-laki, waktu berhubungan seks sebaiknya dilakukan sedekat mungkin dengan masa ovulasi atau masa subur, lebih bagus jika tepat pada masa ovulasi, yakni berkisar antara 12 jam sebelumnya," tulis Tim Naviri.

2. Istri orgasme terlebih dulu

Siapa yang pertama kali orgasme saat berhubungan seksual juga bisa meningkatkan peluang hamil anak laki-laki. Ini juga berlaku bagi Anda yang ingin hamil anak perempuan.

"Apabila ingin bayi laki-laki, usahakan agar istri mengalami orgasme terlebih dulu, atau secara bersamaan," ujar Tim Naviri.

Hal yang sama juga dijelaskan oleh DR. Dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk, dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah. Ada penelitian yang menjelaskan terkait hubungan orgasme dan hamil anak laki-laki.

Baca Juga: Ibu Hamil Perlu Perhatikan Ini Jika Ingin Menyusui Tapi Minum Obat

"Hal ini didasari adanya penelitian bahwa pada saat orgasme, istri akan mengeluarkan cairan yang bersifat basa/alkali, sehingga vagina menjadi lebih basa (suasana basa disukai oleh sel spermatozoa dengan kromosom Y," ujar Imam.

3. Mengubah pH vagina

Tingkat kelembapan atau pH di daerah kewanitaan berperan sangat penting dalam meningkatkan peluang hamil. Lingkungan yang lebih asam cenderung bisa membuat Anda hamil anak perempuan.

Sebaliknya, pH yang semakin basa cenderung menghasilkan bayi berjenis kelamin laki-laki. Untuk menciptakan lingkungan vagina basa, Anda bisa mencuci vagina atau bilas dengan campuran 1 sendok makan (sdm) soda kue dan 200 cc air putih.

4. Suami puasa berhubungan intim di waktu tertentu

Berhubungan seks rutin memang bisa meningkatkan peluang hamil. Namun, cara ini perlu dimodifikasi bila Anda menginginkan bayi laki-laki.

Imam menjelaskan bahwa suami disarankan untuk berpuasa melakukan hubungan seks selama minimal 5 hari sebelum masa subur, bila ingin mendapatkan anak laki-laki. Ini dimaksudkan agar tidak ada lagi sel sperma dengan kromosom X yang bertahan di vagina atau rahim istri.

"Puasa ini juga dimaksudkan untuk mempertinggi kesuburan pria (kualitas sperma)," ujar Imam.

5. Posisi seks rear entry

Posisi seks yang disarankan untuk bisa hamil anak laki-laki adalah posisi rear entry. Posisi ini dilakukan dengan cara dari belakang. Dalam posisi ini, rahim kebanyakan perempuan yang normalnya sedikit miring akan terungkit kembali.

Nah, setelah berhubungan seks, sebaiknya posisi istri dalam keadaan horizontal. Posisi ini akan membantu sperma kromosom Y mencapai rahim.

6. Penetrasi dalam saat berhubungan seks

Bila menginginkan bayi laki-laki, suami disarankan melakukan penetrasi yang dalam saat berhubungan seks. Penetrasi yang dalam seperti pada posisi rear entry, dapat mempermudah sperma kromosom Y mencapai rahim untuk bertemu sel telur.

Baca Juga: 9 Cara Cepat Hamil Setelah Menstruasi, Jangan Seks Berlebih

"Posisi (rear entry) memungkinkan terjadinya penetrasi lebih dalam, sehingga sperma dapat mengalir semakin dekat ke area serviks (leher rahim)," kata Imam.

7. Perhatikan asupan dan diet makan

Apa yang Anda makan akan memengaruhi peluang hamil anak laki-laki. Bila ingin mendapatkan anak laki-laki, suami disarankan banyak konsumsi makanan yang mengandung asam, mineral, dan magnesium, seperti daging, seafood atau makanan laut.

Sementara itu, istri dapat mengonsumsi makanan mengandung alkaline, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, putih telur, susu, dan ganggang laut.

Selain asupan tersebut, Anda juga disarankan untuk menjalankan diet tinggi kalori. Menurut Dr. Cheryl Rosenfeld dari University of Missouri dan rekannya, diet kalori umumnya mendukung kelahiran bayi laki-laki dibandingkan perempuan.

"Diet rendah kalori cenderung menghasilkan bayi perempuan ketimbang laki-laki," ujarnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga