Tips Hubungan Akur dengan Mertua, Nomor 7 Sering Diabaikan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 10 September 2022
0 dilihat
Tips Hubungan Akur dengan Mertua, Nomor 7 Sering Diabaikan
Menjaga sopan satun dan ucapan di hadapan mertua itu penting, bagaimanapun mereka adalah orangtua yang sudah merawat dan membesarkan pasanganmu. Foto Repro pobela.com

" Diterima dengan baik oleh mertua dan memiliki hubungan yang harmonis serta akur adalah dambaan tiap wanita ketika menikah "

KENDARI, TELISIK.ID - Diterima dengan baik oleh mertua dan memiliki hubungan yang harmonis serta akur adalah dambaan tiap wanita ketika menikah.

Namun, tak sedikit wanita yang justru tak akur bahkan memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan mertuanya. Hal ini bisa terjadi karena dianggap belum bisa mengasuh cucu dengan baik hingga permasalahan lainnya.

Berikut ini beberapa tips hubungan akur dengan mertua seperti dilansir dari yoursay.id dan pobela.com, yaitu:

1. Sayangi dan perlakukanlah mertua seperti orangtua kandung

Setelah menikah, maka orangtua dari pasangan juga menjadi orangtuamu. Meskipun mereka bukan yang melahirkan dan membesarkamun, kamu wajib untuk menghormati, menyayangi dan memperlakukan mertua kamu sebagaimana orangtuamu sendiri. 

Ciptakanlah keakraban dengan banyak berdiskusi ataupun mengobrol dan jalan-jalan santai. Kegiatan semacam itu dapat menghindarkan dari ketegangan dan konflik bersama mertua.

2. Perhatian

Tips ketiga yang perlu diperhatikan adalah perhatian. Kepada mertua perlu namanya perhatian. Misalnya mertua sakit, alangkah baiknya menantu ikut mengurus mertua, memberi obat, makan dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Tips Atur Keuangan di Tengah Hidup Serba Mahal

Dengan begitu, mertua akan bangga memiliki menantu sepertimu dan sudah pasti hubungan dengan mertua akan harmonis.

3. Komunikasi yang baik

Komunikasi selalu menjadi kunci utama dalam setiap hubungan, baik dengan pasangan, keluarga, maupun teman. Di zaman sekarang yang semuanya serba canggih ini tentunya memudahkan kamu untuk berkomunikasi secara online.

Di sisi lain, jika kamu merasakan sesuatu yang mengganggu hubunganmu dengan mertua, segeralah untuk membicarakan dari hati ke hati tentang apa yang kamu rasakan untuk meminimalisir kesalahpahaman diantara kalian. Jangan lelah untuk terus menjaga komunikasi yang baik

4. Bersikap sopan

Tips terakhir yang jadi perhatian kita adalah bersikaplah sopan kepada mertua, baik itu dalam hal ucapan maupun tindakan. Mertua sebagai orangtua kita harus dihargai dan bersikap sopan. Dengan begitu, mertua akan menilaimu menantu yang baik dan peduli terhadap mertua. Kamu akan sangat disayangi.

Keempat tips tersebut dapat kamu terapkan dalam hubungan berkeluarga setelah menikah. Hal tersebut tentu akan membantumu dalam menjalin hubungan baik dengan mertua. Percayalah hubunganmu dan mertua akan harmonis.

5. Tunjukkan perhatian yang tulus

Karakter dan kepribadian mertua perlu kita kenali dengan baik. Berikan perhatian yang tulus pada mertua seperti dengan mengucapkan selamat ulang tahun dan beri hadiah kecil atau mengucapkan selamat hari Ibu kepada ibu mertua. 

Perhatian-perhatian kecil seperti itu sudah cukup membuat mereka merasa senang dengan tanda bahwa kamu tetap mengingatnya. Kamu juga dapat mengajak mereka untuk makan di tempat favoritnya dan memberikan bantuan saat mereka sedang membutuhkan. 

6. Berempati dengan mertua

Tak ada salahnya jika kita mencoba untuk melihat segala sesuatu dari kacamata orang lain khusunya mertua sehingga tidak hanya fokus pada sudut pandang Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan memahami sudut pandang dan jalan pikiran mertua.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi Tambahan, Ini 4 Cara Mengubah Foto Ukuran 3x4 Secara Online

Pada akhirnya, Anda juga akan mampu berempati dan tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan cara pikir dan sudut pandang. Sebab sudut pandang adalah pengalaman hidup seseorang dari waktu ke waktu yang bisa berbeda antara yang satu dengan yang lain.

7. Datang berkunjung ke rumah mertua

Kalau Anda dan pasangan menetap di kota yang berbeda dengan mertua, alangkah baiknya untuk sesekali berkunjung ke rumahnya.

Anda dapat memanfaatkan hari-hari libur untuk berkunjung. Anda harus pandai membagi waktu antara berkunjung ke otang tua dan mertua agar sama-sama merasa diperhatikan. Ingatlah, setiap orang tua menyimpan kerinduan untuk bertemu dengan anak-anaknya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga