Tips Kelola Keuangan Ala Anak Kos dan Perantau

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juli 2023
0 dilihat
Tips Kelola Keuangan Ala Anak Kos dan Perantau
Ketika kamu baru mendapatkan kiriman dari orang tua, pastikan kamu menyisihkan sebagian uang yang didapat. Foto: Detik.com

" Hidup jauh dari orangtua banyak dialami oleh anak kos dan anak rantau. Selain harus mandiri, anak kos juga mesti bisa mengatur keuangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Hidup jauh dari orangtua banyak dialami oleh anak kos dan anak rantau. Selain harus mandiri, anak kos juga mesti bisa mengatur keuangan.

Mengelola keuangan sudah jadi kewajiban agar bisa memenuhi biaya hidup selama satu bulan. Namun, banyaknya kebutuhan dan keinginan membuat sebagian besar seseorang mengeluarkan biaya melebih budget yang ada.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur cocok bagi anak kos dan anak rantau, seperti dikutip dari Kompas.com dan Yoursay.id:

1. Membuat rencana anggaran

Anak kos harus bisa membuat rencana anggaran bulanan. Kamu harus menuliskan sumber pendapatan dan pengeluaran yang tercatat dengan baik.

Baca Juga: Pencaker Wajib Tahu, Cara Buat Kartu Kuning atau AK1 Secara Online dan Offline

Pastikan total pengeluaran kamu tidak melebihi total pendapatan. Terlebih jika kamu hanya mengandalkan uang dari orangtua.

2. Kebutuhan utama diprioritaskan

Saat mengatur anggaran, berikan prioritas pada kebutuhan dasar, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi. Kamu harus bisa menghindari pengeluaran yang tidak penting atau mewah yang bisa menguras anggaran yang ada.

3. Buat jatah pengeluaran harian 

Anak kos wajib sekali membuat jatah pengeluaran harian agar dapat memenuhi biaya hidup selama satu bulan. Misalnya, kamu membuat jatah pengeluaran hariannya sebesar Rp50ribu. Jumlah tersebut harus kamu habiskan dalam waktu sehari dan tidak boleh lebih. 

Kamu dapat menggunakan uang sebesar Rp 50ribu itu untuk apapun sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kamu. Jika dalam sehari ternyata kamu habiskan uang sebesar Rp 75ribu, maka di hari berikutnya kamu harus mengeluarkan uang di bawah Rp 50ribu dalam sehari. Hal ini dilakukan agar kondisi keuangan kamu tetap stabil. 

Baca Juga: Cara Cegah Nomor Asing Chat di WhatsApp Tanpa Blokir

4. Menabung di awal bulan 

Ketika kamu baru mendapatkan kiriman dari orang tua, pastikan kamu menyisihkan sebagian uang yang didapat. Ketika kamu tinggal di sebuah kos, bisa saja suatu saat membutuhkan dana darurat.  

Untuk itu, perlunya menabung di awal bulan agar dapat memenuhi kebutuhan kamu di saat kondisi mendesak. 

5. Jangan tunda bayar tagihan 

Ketika kamu sudah tinggal di kos, baiknya jangan menunda bayar tagihan. Biasanya anak kos yang suka menunda bayar tagihan itu karena lupa dan uangnya sudah dipakai untuk kebutuhan lain. Sehingga tidak memiliki uang lagi untuk bayar tagihan. 

Jika  kamu masih suka menunda bayar tagihan, mulai dari saat ini kamu jangan lakukan itu lagi. Baiknya kamu langsung bayar jika ada tagihan yang datang seperti bayar kos, bayar listrik, dan lainnya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga