Tips Menjadi Kaya dari Elon Musk

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Tips Menjadi Kaya dari Elon Musk
Seperti para miliuner pada umumnya, salah satu tips sukses menurut Elon Musk adalah banyak membaca. Foto: Repro lamag.com

" Untuk mencapai kesuksesannya, Elon Musk mengalami banyak jatuh bangun dan melalui proses yang panjang "

KENDARI, TELISIK.ID - Elon Musk sering disorot karena kebijakan-kebijakannya yang aneh dalam mengurus perusahaan miliknya. Yang terbaru, ia mengubah aplikasi Twitter menjadi X setelah ia membeli aplikasi tersebut.

Dilansir dari Finance.detik.com, sebelum membeli aplikasi X, Elon Musk sudah terkenal atas kesuksesan dan kekayaannya. Bagaimana tidak, Musk merupakan CEO dari perusahaan-perusahaan terkenal, seperti Tesla dan SpaceX. Menurut Forbes, Musk adalah orang terkaya kedua di dunia pada tahun 2023.

Untuk mencapai kesuksesannya, pasti Musk mengalami banyak jatuh bangun dan melalui proses yang panjang. Simak tips-tips yang dilakukan oleh Musk untuk mencapai kesuksesannya di bawah ini, seperti dikutip dari Kompas.com.

1. Berguna bagi sesama manusia

Musk membangun branding dirinya dan perusahaannya dengan konsep perbaikan umat manusia, yaitu eksplorasi ruang angkasa dan kendaraan bebas emisi.

Baca Juga: Kekayaannya Rp 3.872 Triliun, Elon Musk Ternyata Tak Punya Rumah Malah Numpang Tidur Sama Teman

"Lakukan hal-hal yang berguna bagi sesama manusia, bagi dunia. Sulit untuk menjadi berguna. Sangat keras," kata Musk pada episode Lex Fridman Podcast tahun 2021.

2. Ciptakan peluang

Menurut Musk, daripada bersaing untuk mendapatkan potongan kue yang sudah ada, lebih baik membuat kue yang lebih besar.

"Bagikan dengan orang lain, berkolaborasi, dan ciptakan peluang yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan berfokus pada penciptaan nilai, imbalannya, baik dalam bentuk uang maupun pribadi, akan mengikut," ujarnya.

3. Jadilah pembaca yang "rakus"

Seperti para miliuner pada umumnya, Musk berpikir bahwa membaca merupakan bagian dari dasar kesuksesan.

"Saya akan mengajak orang lain untuk membaca banyak buku. Cobalah untuk menyerap informasi sebanyak yang Anda bisa, dan cobalah untuk mengembangkan pengetahuan umum yang baik sehingga Anda setidaknya memiliki gambaran kasar tentang pengetahuan," kata Musk.

4. Kerja keras dan gigih

Baca Juga: 2 Miliarder Terkenal Dunia, Elon Musk dan Mark Zuckerberg Sepakat Baku Pukul di Arena Tarung

Musk terkenal dengan jadwalnya yang melelahkan. Musk mengatakan bahwa ia bekerja 80-100 jam dalam seminggu. Dia pernah membuat tweet "... tidak ada yang pernah mengubah dunia dalam 40 jam seminggu."

Selain kerja kerasnya, Musk juga berusaha untuk mengatasi kekecewaan. Peluncuran beberapa roket SpaceX pertamanya gagal. Ia menyaksikan banyak roket yang jatuh, terbakar, hingga meledak. Namun, hal tersebut tidak membuatnya menyerah. Ia terus maju hingga berhasil menciptakan Falcon9 yang tingkat keberhasilannya mencapai 99 persen.

"Kegigihan sangatlah penting. Anda tidak boleh menyerah kecuali Anda dipaksa untuk menyerah," tutup Musk. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga