Tips Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Cantik

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
Tips Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Cantik
Kuku cantik tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Foto: Halodoc.com

" Kuku cantik tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Kuku cantik tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, kuku perlu dirawat agar tetap sehat, kuat, dan berkilau. Tak hanya di salon, kuku cantik juga bisa diperoleh hanya dengan melakukan perawatan alami di rumah.

Cara merawat kuku cantik tidak hanya dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Sebagai salah bagian dari sistem integumen atau bagian terluar tubuh, kuku sangat rentan menjadi tempat berkembangnya kuman.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan kuku yang tepat agar kuku terlihat cantik dan Anda pun terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Kesehatan bagi Petugas KPPS Jelang Pemilu

Dilansir dari Halodoc.com, agar kuku tetap cantik dan sehat, ada beberapa tips yang bisa dicoba, yaitu:

- Jangan Memotong Kutikula

Baik di salon ataupun di rumah, jangan pernah memotong kutikula saat merawat kuku. Kutikula adalah penghalang alami untuk jamur dan bakteri. Begitu kamu memotongnya, maka perlindungan akan hilang.

- Batasi Prosedur Manikur

Manikur adalah perawatan kuku yang sangat digemari. Untuk sesaat mungkin prosedur kecantikan ini membuat kuku terlihat cantik.

Namun, jika terlalu sering, ini bisa membuat kuku jadi kering dan rapuh. Penyebabnya kemungkinan adalah paparan bahan kimia yang digunakan selama prosedur.

Baca Juga: Tips Parenting Anak Tanpa Baby Sitter ala Nikita Willy

- Kurangi Penggunaan Aseton

Aseton sering digunakan untuk menghapus kutek atau cat kuku. Sesekali mungkin tidak masalah. Namun, jika terlalu sering digunakan, aseton dapat membuat kuku jadi rapuh dan rusak.

Dikutip dari Orami.com, tanda kuku sehat adalah halus dan tidak memiliki lubang atau lekukan. Warnanya pun seragam dan bebas dari noda atau perubahan warna.

Para ahli menyebut, merendam kuku sebelum manikur merupakan tindakan yang buruk. Karena langkah tersebut dapat membuat kuku lebih rentan terkena infeksi. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga