Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Darah Rendah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Darah Rendah
Olahraga mestinya jadi aktivitas rutin yang wajib dilakukan semua orang, tak terkecuali penderita darah rendah. Foto: Repro Femina.co.id

" Beberapa cara untuk mencegah tekanan darah semakin drop, bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sebelum olahraga "

KENDARI, TELISIK.ID - Olahraga dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Orang dengan kondisi tubuh tertentu seperti darah rendah juga tetap wajib berolahraga, meski dengan beberapa ketentuan agar tak terlalu capek.

Dilansir dari Kompas.com dan Indovizka.com, berikut tips olahraga sehat bagi penderita darah rendah.

1. Hindari olahraga saat perut kosong

Beberapa cara untuk mencegah tekanan darah semakin drop, bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sebelum olahraga.

"Tubuh membutuhkan darah untuk mencerna makanan, konsumsi makanan sebelum olahraga dapat membantu tekanan darah tetap stabil," kata Dokter Natasha.

2. Hati-hati dengan perubahan posisi mendadak

Selain makan sebelum olahraga, beberapa gerakan juga perlu diperhatikan mulai dari mengubah posisi secara perlahan dan jangan terburu-buru.

Baca Juga: Cara Mengontrol Tekanan Darah di Tengah Momen Lebaran

Perubahan posisi secara perlahan ini perlu dilakukan untuk mencegah hipotensi ortostatik.

3. Minum air yang cukup

Dehidrasi merupakan satu kondisi yang harus dihindari penderita darah rendah, baik saat olahraga atau menjalani aktivitas seperti biasa. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

Jadi, luangkan waktu sebelum, di saat hingga selesai olahraga untuk lebih banyak minum air atau cairan lainnya yang dapat menggantikan cairan yang hilang setelah berolahraga.

Baca Juga: 4 Buah Punya Manfaat Tambah Darah untuk Cegah Anemia

"Pastikan untuk mendapatkan asupan air yang cukup. Dokter biasanya akan merekomendasikan jumlah air yang perlu dikonsumsi sesuai kondisi pasien," papar Dokter Natasha.

4. Jangan lupakan pemanasan dan pendinginan

Sebelum dan sesudah olahraga, jangan lupakan pemanasan dan pendinginan. Cara ini bisa memberikan waktu lebih banyak agar jantung bisa memompa darah lebih stabil. Luangkan waktu beberapa menit sebelum olahraga dengan gerakan perlahan seperti peregangan atau latihan pemanasan yang lain.

Setelah olahraga selesai, lakukan juga latihan pendinginan dengan latihan pernapasan dan beberapa latihan yang santai untuk mendinginkan suhu tubuh. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga