Tips Rawat Baterai HP Tak Cepat Habis, Awet Bertahun-tahun

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
Tips Rawat Baterai HP Tak Cepat Habis, Awet Bertahun-tahun
Untuk memastikan baterai HP Anda tetap awet dan berfungsi optimal selama bertahun-tahun, perlu menjalankan beberapa langkah perawatan. Foto: Qoala.app

" Baterai ponsel yang cepat habis tentu menjadi masalah, apalagi saat Anda harus berpergian jauh dan tidak memungkinkan untuk terus mengisi daya ponsel di stop kontak. Oleh karenanya, Anda harus rajin merawat baterai agar tidak cepat habis "

KENDARI, TELISIK.ID - Baterai ponsel yang cepat habis tentu menjadi masalah, apalagi saat Anda harus berpergian jauh dan tidak memungkinkan untuk terus mengisi daya ponsel di stop kontak. Oleh karenanya, Anda harus rajin merawat baterai agar tidak cepat habis.

Untuk memastikan baterai HP Anda tetap awet dan berfungsi optimal selama bertahun-tahun, Anda perlu menjalankan beberapa langkah perawatan yang tepat.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memastikan bahwa baterai tetap awet dan berkinerja optimal. Berikut adalah tips tentang cara menjaga baterai Hp agar tetap awet dilansir dari Merdeka.com dan Kompas.com.

1. Pengisian yang tepat waktu

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah mengisi ulang baterai saat sudah sangat rendah atau menunggu hingga baterai benar-benar habis. Sebaliknya, cobalah untuk mengisi ulang baterai ketika kapasitas mencapai sekitar 20-30 persen.

Baca Juga: 4 Tips Seks Tetap Bergairah bagi Pasangan Sibuk Bekerja

Hindari pengisian penuh 100 persen terlalu sering, karena hal ini dapat merusak baterai.

2. Gunakan charger asli dan berkualitas

Selalu gunakan charger dan kabel yang disertakan oleh produsen HP Anda atau yang memiliki spesifikasi yang sesuai. Charger yang tidak cocok dapat mengakibatkan overcharging, yang dapat merusak baterai Anda.

3. Optimalkan pengaturan layar

Kecerahan layar adalah salah satu faktor terbesar yang mengonsumsi daya baterai. Mengurangi kecerahan layar saat tidak perlu dan mengaktifkan mode hemat daya dapat membantu menghemat daya baterai secara signifikan.

Baca Juga: Tips Make Up Flawless Ala Artis Korea, Kesan Natural Tetap Cantik

4. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Nonaktifkan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS ketika Anda tidak menggunakannya. Ini akan membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang tidak perlu. Selain itu, pertimbangkan untuk mematikan notifikasi yang tidak diperlukan.

5. Perbarui perangkat lunak secara rutin

Pastikan perangkat lunak HP Anda selalu diperbarui. Pembaruan perangkat lunak seringkali mencakup perbaikan efisiensi daya yang dapat membantu memperpanjang umur baterai. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga