Titian Asosowu, Wisata Air dengan Seribu Terjunan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
Titian Asosowu, Wisata Air dengan Seribu Terjunan
Destinasi wisata air terjun Titian Asosowu, yang memiliki 1000 terjunan dan banyak keindahan alam yang masih alami. Foto: Ist.

" Destinasi wisata air terjun Titian Asosowu memliki keunikan tersendiri di mana air terjun yang tak terhingga banyaknya di sepanjang aliran sungai dan di dalamnya terdapat hutan yang terpelihara keasriannya "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Berkunjung di Kolaka Timur tak lengkap rasanya kalau tidak datang di destinasi wisata air terjun Titian Asosowu. Destinasi unik ini terletak di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Uesi, Kolaka Timur.

Destinasi wisata air terjun Titian Asosowu memliki keunikan tersendiri di mana air terjun yang tak terhingga banyaknya di sepanjang aliran sungai dan di dalamnya terdapat hutan yang terpelihara keasriannya.

Lokasi air terjun ini berada di tengah hutan tepatnya di Puncak Latopa. Jika dari jalan poros menuju kantor Desa Likuwalanapo, kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km dengan menuruni tebing.

Air terjun Titian Asosowu merupakan air terjun yang berasal dari danau yang masuk ke dalam tanah lalu muncul di hulu sungai Titian Asosowu ini.

Ada banyak keindahan yang akan membuat wisatawan menjadi betah. Bentuk air terjun ini melebar dan bertingkat. Bentuk ini memberi satu pemandangan langka yang juga jarang didapatkan di air terjun lainnya. Tak hanya itu, karena ada di sebuah hutan suaka alam, ada banyak satwa yang juga masih sangat alami.

Baca Juga: Gua Tengkorak Manusia, Wisata Menantang Nyali di Kolaka Timur

Tingkatan dari air terjun ini akan memberi nuansa yang berbeda. Ada suara gemericik yang menenangkan serta harmoni alam yang begitu menenteramkan jiwa. Tak seperti air terjun lainnya, Anda bisa melihat pemandangan air terjun bertingkat yang unik.

Keterangan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kolaka Timur, Nyoman Abdi menuturkan, air terjun ini memiliki potensi wisata yang bagus karena memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri.

"Air terjun ini berada dari sungai yang alirannya berasal dari danau," tambahnya.

Dia kembali menjelaskan kalau air danau yg berada 1 km di atas itu masuk ke dalam tanah, dan muncul di hulu sungai sebagai mata air yang sangat besar.

"Ini adalah surga alam yang belum terjamah sampai saat ini," jelasnya.

Baca Juga: Puncak Alamo, Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Keluarga dan Pasangan

Di tempat yang sama, Kepala Desa Likuwalanapo berharap agar pemerintah daerah memperhatikan ini untuk dijadikan destinasi wisata yang spektakuler.

"Kami harap semoga tempat ini bisa dikembangkan agar desa kita juga bisa ikut berkembang," tambahnya.

Di sisi lain, warga asli Desa Likuwalanapo, Najamuddin menuturkan, air terjun ini kalau dihitung mungkin bisa mencapai 1000 tingkatan atau terjunan, makanya ini juga dijuluki kali sewu.

"Kalau masyarakat disini biasanya mengatakan air terjun ini kali sewu," tambahnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga