TKBM Curhat Soal Kondisi Pelabuhan ke Polres Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 06 Januari 2023
0 dilihat
TKBM Curhat Soal Kondisi Pelabuhan ke Polres Muna
Wakapolres Muna, Kompol Anggi AP Siaahan mendengarkan curhatan para buruh pelabuhan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Program Jumat Curhat terus dilaksanakan Polres Muna beserta polsek-polseknya. Kali ini, Polres Muna melakukan tatap muka bersama Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Nusantara "

MUNA, TELISIK.ID - Program Jumat Curhat terus dilaksanakan Polres Muna beserta polsek-polseknya. Kali ini, Polres Muna melakukan tatap muka bersama Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Nusantara.

Para buruh-buruh itu pun tak menyianyiakan pertemuan itu. Di hadapan Wakapolres, Kompol Anggi AP Siaahan, para buruh mencurahkan unek-uneknya terkait kondisi yang terjadi di pelabuhan.

Ketua TKBM, Darmo menerangkan, kondisi di pelabuhan sangat kondusif. Hal itu tidak terlepas dari kerjasama yang baik dengan pihak KPPP dan Syahbandar. Namun, di balik itu masih ada beberapa permasalahan. Di antaranya, para pengantar maupun penjemput dibiarkan masuk hingga ke dermaga dan di dalam kapal yang membuat kerja para buruh terganggu. Kemudian, masih terdapat beberapa buruh yang tidak terdaftar (ilegal).

Baca Juga: Ratusan Lampu Terangi Jalan Poros Konawe - Kendari

"Kami hanya minta kerja samanya untuk ditertibkan," kata Darmo, Jumat (6/1/2023).

Pihak Syahbandar, La Ode Zamaluddin menerangkan, untuk menjaga ketertiban di pelabuhan, penumpang yang menggunakan jasa kapal cepat maupun kapal malam harus mengantongi tiket. Tujuannya, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelayaran, para penumpang dapat diketahui identitasnya.

"Harus tercatat dalam manivest. Karena, selama ini, masih banyak yang tidak memiliki tiket," ujarnya.

Baca Juga: PPIR Trenggalek Solid Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Sementara itu, Wakapolres Muna, Kompol Anggi AP Siaahan menerangkan, apa yang menjadi keluhan para buruh akan dicarikan solusinya. Kehadiran polisi di pelabuhan dalam rangka memberikan rasa nyaman pada masyarakat.

Mantan Kabag Ops Polres Baubau itu menyarankan pada TKBM agar membagi tugas para buruh dan melengkapi dengan seragam, sehingga bisa tertib.

"Kita akan evaluasi pekan depan. Prinsipnya, kehadiran Polres Muna dalam rangka memelihara Kamtibmas agar selalu kondusif," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga