Tokoh Adat dari Berbagai Suku Dukung LA-IDA di Pilgub Sultra

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 03 September 2024
0 dilihat
Tokoh Adat dari Berbagai Suku Dukung LA-IDA di Pilgub Sultra
Toko adat dari berbagai suku mendukung Lukam Abunawas dan La Ode Ida di Pilgub Sulawesi Tenggara. Foto: Ist

" Tokoh masyarakat dari berbagai suku memberikan dukungan di hadapan masyarakat Sulawesi Tenggara dalam acara deklarasi pasangan Lukman Abunawas dan La Ode Ida "

KENDARI, TELISIK.ID – Tokoh masyarakat dari berbagai suku memberikan dukungan di hadapan masyarakat Sulawesi Tenggara dalam acara deklarasi pasangan Lukman Abunawas dan La Ode Ida, Selasa (3/9/2024).

Para tokoh adat yang hadir berasal dari suku Muna, Tolaki, Toraja, Buton, Jawa, Minahasa, serta perwakilan Sulawesi Selatan, termasuk mantan Bupati Kolaka, Buhari Hatta. Mereka semua mendukung pasangan yang dikenal dengan sebutan LA-IDA dalam kontestasi Pilgub 2024.

Kesembilan tokoh tersebut berdiri di atas panggung dan memberikan orasi mengenai ketokohan serta kapabilitas Lukman Abunawas dan La Ode Ida untuk memimpin Sulawesi Tenggara.

Prof. Dr. Abdul Rauf, salah satu tokoh perwakilan suku Muna, menilai Lukman Abunawas dan La Ode Ida sebagai pasangan yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sangat memadai untuk memimpin Sultra.

Baca Juga: Polling Pilwali Kota Kendari 2024 Telisik.id, Abdul Rasak-Afdal Ungguli 4 Pesaingnya

Lukman Abunawas, menurutnya, adalah sosok yang telah meniti karir politik dari bawah, mulai dari camat, bupati, sekretaris daerah, hingga wakil gubernur.

Di tempat yang sama, Yusran Silondae, perwakilan dari suku Tolaki, mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan semangat kebersamaan dalam memenangkan Lukman Abunawas dan La Ode Ida sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Mantan Bupati Kolaka, Buhari Hatta, juga menyampaikan dukungannya di bawah terik matahari, mengungkapkan bahwa masyarakat Sulawesi Selatan yang dikenal cerdas harus memilih pemimpin yang juga cerdas dan bekerja dengan penuh dedikasi.

Ia menekankan bahwa Lukman Abunawas adalah sosok agamais dengan ketakwaan yang tak diragukan, yang siap bekerja dengan ikhlas.

Prof. Dr. Drs. Murdjani Kamaludin SE MSi, tokoh masyarakat Buton, menyatakan bahwa Lukman Abunawas dan La Ode Ida adalah figur ideal untuk memimpin.

Lukman Abunawas, katanya, adalah tokoh birokrasi yang sudah terbukti, sementara La Ode Ida adalah tokoh nasional dengan banyak kontribusi bagi pembangunan Sulawesi Tenggara.

Perwakilan tokoh Toraja juga memberikan dukungan, menekankan bahwa masyarakat Toraja, yang dikenal sebagai pekerja keras, harus memilih pemimpin yang memiliki sifat yang sama.

Baca Juga: Jawab Ratusan Soal, Cagub Sultra ASR Sebut Tidak Ada Kendala

"Marilah kita satukan pikiran dan rapatkan barisan untuk mendukung pasangan Lukman Abunawas dan La Ode Ida," tegasnya.

Masyarakat dari suku Jawa turut mendukung pasangan ini. Perwakilan tokoh masyarakat Jawa di Sulawesi Tenggara, Sulaiman, menyatakan bahwa Lukman Abunawas memiliki dedikasi luar biasa terhadap petani di Sulawesi Tenggara, mengingat posisinya sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sultra.

Ia yakin bahwa kesejahteraan petani dan nelayan akan terwujud jika Lukman terpilih.

Terakhir, Revry Andries Mathindas dari suku Minahasa “Maesa” Sultra menyampaikan dukungannya dengan mengutip pesan mantan Gubernur Sulawesi Utara, Yan Wayong: “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.”

Ia sebagai warga Minahasa yang berada di Sultra mendukung sepenuhnya Lukman Abunawas dan La Ode Ida dan mendoakan agar berkat dunia dapat diturunkan kepada mereka sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara untuk periode 2025-2030. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga