adplus-dvertising

Tolak Pakai Hotel Fasilitas Isoman, Fraksi NasDem: Lebih Baik untuk Rakyat

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 29 Juli 2021
1972 dilihat
Tolak Pakai Hotel Fasilitas Isoman, Fraksi NasDem: Lebih Baik untuk Rakyat
Ketua Fraksi Partai NasDem DPR-RI, Ahmad Ali. Foto: Repro Liputan6.com.

" Kebijakan tersebut berlebihan karena saat ini tidak sedikit masyarakat yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Fraksi Partai NasDem, Ahmad Ali, melarang anggotanya menggunakan fasilitas isolasi mandiri (Isoman) di hotel bintang tiga, yang disiapkan kesekjenan DPR untuk anggota DPR yang terpapar positif COVID-19.

"Kalau NasDem sudah pasti kita tolak, saya larang pasti. Kalau ada anggota dari NasDem yang menerima fasilitas itu, itu sudah bebal itu. Jadi, NasDem nggak bisa menggunakan fasilitas itu," kata Ahmad di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, kebijakan tersebut berlebihan karena saat ini tidak sedikit masyarakat yang kesulitan memperoleh layanan kesehatan.


"Lebih bagus fasilitas yang disiapkan untuk anggota DPR tersebut dialokasikan untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Ia meyakini, para anggota dewan bisa mengurus dirinya sendiri dan keluarganya, serta membiayai sendiri isolasi mandiri dengan uang pribadi.

Dirinya mengajak semua pihak untuk berempati di tengah kondisi pandemi saat ini.

"Kita berempati dulu saat sekarang ini. Rakyat kita nggak memaksa kita untuk tiap hari bekerja di kantor tapi kita juga melakukan PPKM kan, jadi apa? Kalau memang tidak bisa isolasi mandiri di rumah jabatan, isoman di luar, kan masa anggota DPR tidak mau, secara ekonomi pasti mapan lah hanya untuk menutupi hal-hal seperti itu kan," kata Ahmad Ali seperti dikutip dari Republika.

Ia menambahkan, jangan sampai kebijakan tersebut membuat kepercayaan publik terhadap DPR merosot.

Ia juga tidak ingin muncul kesan DPR dan masyarakat berjarak dengan adanya pemberian fasilitas khusus tersebut.

"Jangan kemudian yang begini-begini ini membuat kita semakin berjarak terhadap kepentingan rakyat, lembaga DPR semakin dijauhi oleh rakyat, anggota DPR semakin dijadikan musuh bersama oleh masyarakat, jangan lah," harapnya.

Baca Juga: Tak Hanya Hotel, Wisma Kopo Juga Tempat Isoman Anggota dan Staf DPR

Baca Juga: Kasus COVID-19 Luar Jawa-Bali Naik, Ketua DPR Ingatkan Vaksinasi Jangan Terhenti

Sebelumnya, Sekjen DPR Indra Iskandar seperti dikutip Telisik.id mengatakan pihaknya menyediakan hotel untuk fasilitas karantina atau isolasi anggota Dewan, tenaga ahli, hingga staf DPR yang terpapar COVID-19.

Indra mengatakan, sebelumnya fasilitas isolasi itu disediakan di kompleks rumah dinas DPR di Kalibata. Namun ada komplain sehingga disediakan di hotel.

"Jadi gini, ini kan intensitas anggota Dewan tinggi sekali di konstituen interaksinya. Jadi potensi terpapar itu tinggi, tentu ada beberapa anggota Dewan yang pernah saya ceritakan yang positif itu di kompleks Kalibata itu dikomplain karena berpotensi menularkan," ujarnya.

Menurut Indra, pengadaan fasilitas hotel sudah sesuai dengan aturan yang ada, yakni surat Dirjen Pembendaharaan Negara S-369/PB/2020 dan S-308/PB/2020. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga