Tombi Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara dalam Perayaan HUT ke-77 RI

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
Tombi Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara dalam Perayaan HUT ke-77 RI
Tombi atau bendera Kerajaan Konawe (kedua dari kanan), saat melakukan gladi bersama bendera nusantara lainnya. Foto: Ist.

" Tombi Kerajaan Konawe akan berkibar di istana negara, mengiringi bendera pusaka Republik Indonesia saat upacara 17 Agustus 2022 mendatang "

KONAWE, TELISIK.ID - Sejumlah tombi atau bendera kerajaan nusantara akan berkibar di istana negara, salah satunya milik Kabupaten Konawe yang bakal mengiringi bendera pusaka Republik Indonesia saat upacara 17 Agustus 2022 mendatang.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan, dirinya sudah mendapatkan kabar kalau Tombi Kerajaan Konawe kembali diminta oleh  pihak TNI untuk mengiringi pengibaran bendera pusaka Republik Indonesia.

Olehnya itu, KSK sapaan akrab Bupati Konawe itu sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, karena hanya di eranya, daerah berkesempatan untuk menampilkan kebudayaan di istana negara pada hari besar Indonesia.

"Ini adalah kali kesekian Tombi Kerjaan Konawe diundang ke Jakarta, dan saya pun sangat mengapresiasi langkah presiden kita," kata Bupati Konawe dua periode itu beberapa waktu lalu.

Menurut KSK, kebijakan presiden adalah pemantik motivasi bagi tiap daerah, khususnya Konawe untuk bangga akan sejarah dan kebudayaannya. Hal itu juga sekaligus pesan terhadap generasi saat ini untuk selalu mencintai sejarah dan kebudayaan tiap suku bangsa.

Baca Juga: ASN Wajib Domisili dan Miliki KTP-el Muna Barat

"Kerajaan Konawe di masa lalu adalah kerajaan besar dan bermartabat. Pengibaran Tombi Konawe bersama bendera pusaka merah putih adalah pesan yang jelas terhadap kita agar bangga dengan daerah kita dan bangga kepada Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Lurah Meluhu, Ajemain Suruambo membenarkan perihal Tombi Kerajaan Konawe yang ikut memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022. Menurutnya, ini adalah kali keempat sejak pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Polres Muna Segera Gelar Perkara Kasus Penghina Istri Jokowi di Polda Sulawesi Tenggara

"Ini sudah tahun keempat Tombi Kerajaan Konawe berpartisipasi. Dua tahun belakangan kita dan bendera nusantara lainnya tidak ikut karena terkendala COVID-19," jelasnya.

Pria yang juga dikenal sebagai budayawan di Konawe ini mengungkapkan, Tombi Kerajaan Konawe dijemput pihak Kodim Kendari, Kamis (11/8/2022) di Kelurahan Meluhu, Kecamatan Meluhu, Kabuapten Konawe. Saat ini Tombi Konawe tengah melakukan gladi di Monas Jakarta bersama bendera-bendera kerajaan nusantara lainnya.

"Nanti Tombi Kerajaan Konawe bersama bendera kerajaan lainnya akan melakukan pawai, mengiringi bendera pusaka mulai dari Monas sampai ke istana negara untuk saat upacara 17 Agustus nanti," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga