TPN Sebut Pose Tiga Jari Mahfud Bareng Pilot Garuda Indonesia Bagian Pesta Demokrasi

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 19 November 2023
0 dilihat
TPN Sebut Pose Tiga Jari Mahfud Bareng Pilot Garuda Indonesia Bagian Pesta Demokrasi
Pose tiga jari calon wakil presiden Mahfud MD bersama pilot dan co-pilot Garuda Indonesia saat penerbangan menuju Sumatera yang diunggah di akun Instagram Mahfud pada Kamis (16/11/2023) lalu. Foto: Instagram @mohmahfudmd)

" Pose salam tiga jari yang dilakukan oleh calon wakil presiden Mahfud MD bersama kru pesawat Garuda Indonesia pada Kamis (16/11/2023) lalu, dipersoalkan "

JAKARTA, TELISIK.ID – Pose salam tiga jari yang dilakukan oleh calon wakil presiden Mahfud MD bersama kru pesawat Garuda Indonesia pada Kamis (16/11/2023) lalu, dipersoalkan. Pasalnya, Mahfud melakukan hal itu bersama kru maskapai penerbangan milik pemerintah.

Dua kru pesawat Garuda yang ikut memberi salam tiga jari bersama Mahfud adalah Kapten Widiyatno sebagai pilot dan Dirga sebagai co-pilot. Salam tiga jari yang ditunjukkan tersebut dianggap sebagai simbol nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pose tersebut telah diunggah di akun Instagram Mahfud MD, @mohmahfudmd, pada Kamis (16/11/2023) lalu. Namun, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menilai tindakan Mahfud sebagai ekspresi kebebasan tanpa maksud untuk berkampanye.

“Yang penting sekarang begini, bahwa balik-balik lagi, mestinya ini adalah pesta demokrasi, mestinya kebebasan untuk melakukan itu menjadi bagian yang penting dalam pesta demokrasi,” kilah Arsjad di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Sabtu (18/11/2022) malam.

Baca Juga: Ijtima Ulama Rekomendasikan Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Arsjad berharap pose salam tiga jari Mahfud bersama kru pesawat Garuda Indonesia tidak perlu dipersoalkan. Dia memilih mengajak seluruh kalangan melakukan proses demokrasi yang menurutnya asik.

“Ya saya mengatakan balik-balik lagi, sudahlah yuk kita lakukan suatu proses demokrasi yang asik,” harap Arsjad.

Terkait kru pesawat Garuda Indonesia yang ikut berpose salam tiga jari bersama Mahfud, Direktur Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyayangkan kejadian itu. Irfan memastikan akan kembali mengingatkan urusan netralitas kepada seluruh karyawan Garuda Indonesia.

“Ke depannya kami akan kembali mengingatkan kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menjaga semangat netralitas, utamanya pada masa-masa (jelang Pemilu 2024) sekarang ini,” kata Irfan.

Irfan mengaku telah memanggil pilot dan co-pilot yang berfoto dengan Mahfud. Dia meminta penjelasan terkait pose salam tiga jarinya bersama cawapres.

“Kami juga telah memanggil awak penerbang untuk menjelaskan kejadian tersebut serta melakukan pembinaan, termasuk terkait dengan aspek prosedur keselamatan penerbangan, sesuai ketentuan kepegawaian yang berlaku,” jelasnya.

Calon wakil presiden yang diusung PDIP, Mahfud MD, mengunggah foto pose salam tiga jari bersama pilot dan co-pilot Garuda Indonesia di akun Instagram pribadinya pada Kamis (16/11/2023) lalu.

Mahfud menulis bahwa momen tersebut terjadi saat dirinya dalam penerbangan ke Sumatera. Di tengah penerbangan, secara mendadak dia mengaku dihampiri pilot pesawat.

“Lagi asik-asiknya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba-tiba saya dihampiri pilot pesawat yang saya tumpangi,” kata Mahfud di Instagramnya.

Baca Juga: Kontroversi Penyebaran Nyamuk Wolbachia: Ditolak di Bali, Dilanjutkan di Lima Kota di Indonesia

Captain Widiyatno, pilot pesawat yang ditumpangi Mahfud, kemudian mengajak bincang-bincang dan menawari Mahfud untuk masuk ruang kokpit.

“Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya,” tutur cawapres yang masih menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini.

Di ruang kokpit, mereka kemudian berfoto bersama dengan pose tiga jari. Tiga jari mengarah pada nomor urut pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud di Pilpres 2014 hasil undian di Komisi Pemilihan Umun (KPU) RI pada Selasa (14/11/2023) lalu.

“Kami berfoto dengan senyum masing-masing, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua,” imbuh Mahfud di Instagramnya. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga