TPU Punggolaka Dipadati Peziarah Kubur Jelang Ramadan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 18 Maret 2023
0 dilihat
TPU Punggolaka Dipadati Peziarah Kubur Jelang Ramadan
Jelang puasa ramadan, warga kota bahkan sampai luar daerah, melakukan ziarah kubur untuk mengirimkan doa sesuai ajaran Islam di TPU Punggolaka, Kota Kendari. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Suasana cerah dan terik matahari tidak menyurutkan semangat para peziarah untuk berziarah ke makam kerabat dan orang tua mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang puasa ramadan, warga di Kota Kendari bahkan sampai luar daerah berbondong-bondong melakukan ziarah kubur untuk mengirimkan doa sesuai ajaran Islam di tempat perkuburan umum (TPU) Punggolaka, Kecamatan Puwatu.

Berdasarkan pengamatan Telisik.id di lokasi, suasana cerah dan terik matahari tidak menyurutkan semangat para peziarah untuk berziarah ke makam kerabat dan orang tua mereka.

Menjelang puasa ramadan tahun ini, kebiasaan masyarakat untuk ziarah kubur di Kota Kendari semakin ramai dilakukan. Bukan hanya warga  kota, tapi juga dari luar daerah yang datang ke Punggolaka untuk berziarah. Hal itu terlihat dari banyaknya kendaraan yang memadati jalan menuju TPU Punggolaka.

Salah satu peziarah dari luar daerah yang datang ke Punggolaka untuk berziarah adalah Siti Ramna, warga dari Kota Raha. Menurutnya, ia datang ke Punggolaka untuk berziarah ke makam orang tuanya yang sudah meninggal beberapa tahun lalu.

"Sudah menjadi tradisi bagi kami untuk berziarah menjelang bulan ramadan," ujarnya, Sabtu, (18/3/2023).

Baca Juga: Pasca Salat Id, Warga Konawe Lanjutkan Tradisi Ziarah Kubur

Tidak hanya peziarah dari luar daerah, tapi juga warga Kendari yang memilih untuk berziarah ke TPU Punggolaka. Salah satunya adalah Rafiuddin yang datang bersama keluarganya untuk berziarah ke makam kakeknya yang sudah meninggal beberapa tahun lalu.

"Kami datang ke TPU Punggolaka untuk berziarah ke makam kakek saya. Sudah menjadi tradisi keluarga kami untuk berziarah menjelang bulan ramadan," kata Rafiuddin.

Baca Juga: H-1 Ramadan, Warga Kendari Antusias Ziarah Kubur

Warga setempat juga mengatakan, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk ziarah kubur, terlebih lagi menjelang bulan suci ramadan. Menurut Hamzah Arafa, warga setempat yang tinggal di sekitar TPU Punggolaka, tradisi ziarah kubur sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat setempat.

"Setiap tahun, menjelang bulan ramadan banyak peziarah yang datang ke TPU Punggolaka untuk berziarah ke makam kerabat dan orang tua mereka," ungkap Hamzah.

Meski suasana cerah dan terik matahari membuat cuaca terasa panas, namun semangat para peziarah tidak padam untuk berziarah ke TPU Punggolaka. Mereka membawa bekal air dan makanan ringan untuk mengatasi kehausan dan kelaparan saat berziarah. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga