Tradisi Liwo dan Joget Ramaikan Halal Bihalal Masyarakat Wakatobi di Kendari

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 25 Mei 2024
0 dilihat
Tradisi Liwo dan Joget Ramaikan Halal Bihalal Masyarakat Wakatobi di Kendari
Halal bihalal masyarakat Wakatobi di Kota Kendari, perkuat silaturahmi. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Tradisi Liwo dan joget khas Kabupaten Wakatobi meramaikan kegiatan halal bihalal masyarakat Wakatobi di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Tradisi Liwo dan joget khas Kabupaten Wakatobi meramaikan kegiatan halal bihalal masyarakat Wakatobi di Kota Kendari, Sabtu (25/5/2024).

Persembahan makanan khas Budaya Wakatobi ini menjadikan susana halal bihalal semakin ramai. Terlihat yang ikut hadir pada kegiatan tersebut berlomba-lomba mengambil isi yang ada dalam Liwo.

Ketua panitia halal bihalal, Prof Dr Ir Aminuddin Mane Kandari Msi, mengatakan, kegiatan halal bihalal ini menguatkan kembali silaturahmi ke-Wakatobian yang menyatukan pulau-pulau yang ada di Kabupaten Wakatobi.

"Jadi yang hadir pada hari ini semua masyarakat Wakatobi yang ada di Kendari, kemudian seluruh paguyuban Nusantara yang ada di Kota Kendari, pejabat mantan pejabat di dasar silaturahmi, yang hadir kurang lebih 1700 orang," kata Aminuddin.

Baca Juga: 20 Finalis Duta Bahasa Sulawesi Tenggara Unjuk Gigi Tampilkan Bakat

Kemudian halal bihalal masyarakat Wakatobi di Kendari ini diramaikan dengan makanan khas budaya yang disebut Liwo dan joget Wakatobi.

"Budaya makanan tradisional, tradisi Liwo merupakan salah satu bentuk kesyukuran kita atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah," kata Aminuddin.

Dari kegiatan halal bihalal ini, ia berharap, semakin menguatkan tali kekeluargaan masyarakat Wakatobi.

"Kita menginginkan halal bihalal itu ramai, selain itu bagaimana kita aplikasikan dan implementasikan untuk selanjutnya. Sehingga saya keluarkan spirit bersama kita bisa dari Kekar Wakatobi untuk semua," ujarnya.

"Aartinya kita harus kompak dulu, kita ada di Kendari harus Wakatobi itu tertanamkan, saya ajak semua pulau suka dan duka harus sama-sama," tambah Aminuddin.

Sementara itu, Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud mengatakan, masyarakat Wakatobi yang memiliki banyak potensi tersebar dimana-mana, sehingga dengan halal bihalal ini menyatukan kembali rasa kekeluargaan.

Baca Juga: Pedagang Harap Ada Relokasi Layak Usai Lapak di Area Eks MTQ Ditertibkan

"Insya Allah halal bihalal ini menjadikan silaturahmi memupuk kebersamaan kita ber-Wakatobi dan menjadikan kebersamaan ini sebagai ikatan kekeluargaan," kata Ilmiati.

Tokoh masyarakat Wakatobi, Rusdin Haludin mengungkapkan, setiap dimana perantau yang ada masyarakat Wakatobi pasti menggelar halal bihalal, sehingga tali kekeluargaan itu tetap terpelihara.

"Hari ini kegiatannya luar biasa, saya dimana-mana halal bihalal masyarakat Wakatobi, baik di Jakarta yang terpenting silaturahmi tetap terjaga dengan baik," ucap Rusdin.

Kegiatan halal bihalal tersebut digelar di Hotel Kubah 9 Kendari yang dihadiri anggota DPRD Sultra, Suwandi Andi, Aksan Jaya Putra, mantan Gubernur Sultra Nur Alam, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga