Translulo Akan Jadi Angkutan Umum, Simak Rutenya

Aris Mantobua, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
0 dilihat
Translulo Akan Jadi Angkutan Umum, Simak Rutenya
Bus translulo akan menjadi angkutan umum dalam Kota Kendari. Foto: Ist.

" Translulo akan hadir sebagai kendaraan angkutan umum dalam Kota Kendari guna mengurangi volume kendaraan, sehingga bisa meminimalisir kemacetan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari intens melakukan berbagai langkah-langkah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kota Kendari.

Salah satunya dengan menyiapkan angkutan umum yang nyaman. Untuk.itu, bus translulo kini dijadikan angkutan umum dalam kota.

Translulo sendiri akan hadir sebagai kendaraan angkutan umum dalam Kota Kendari guna mengurangi volume kendaraan, sehingga bisa meminimalisir kemacetan. Selain itu, dengan adanya bus translulo menjadi kendaraan umum, tingkat lakalantas bisa dikurangi.

Kadis Perhubungan Kota Kendari La Ode Abdul Manas Shalihin mengatakan, translulo akan hadir sebagai kendaraan umum dalam Kota Kendari untuk mengurangi kemacetan dan angka lakalantas.

Translulo itu sendiri mampu memuat banyak orang dalam satu kendaraan dengan tujuan yang sudah ditentukan.

Abdul Manas Shalihin menjelaskan, pihaknya akan mencoba menjadikan bus translulo sebagai pencetus dari angkutan massal pertama yang ada di Kota Kendari. Pihaknya terus bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kendari agar dalam waktu dekat translolu bisa beroperasi sebagai angkutan umum.

"Kami sudah menyiapkan 1 koridor bus translulo. Untuk sementara ini sudah dilakukan pembenahan-pembenahan untuk menunjang keperluan jalur translulo itu sendiri. Sehingga dengan pembenahan tersebut SK wali kota bisa keluar, dan translulo bisa digunakan sebagai kendaraan umum dalam kota," jelasnya, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Lowongan Kerja Admin Live di Madalle Grosir Kendari, Ini Syaratnya

Dia menuturkan, dalam satu koridor bus translulo yang akan beroperasi sebanyak 5 unit. Tahap pertama dalam proses persiapan translulo sebagai angkutan umum, fungsinya bisa mengurangi kemacetan yang ada. Translulo akan menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal dan halte yang sesuai dengan jalurnya.

"Untuk jalur translulo sendiri dari Terminal Kota Lama, menuju jalur Bypass via RSUD Kota Kendari, kantor gubernur, Polda Sulawesi Tenggara, Boulevard, RS Bahterahmas sampai Terminal Baruga, begitupula sebaliknya. SK rute dan tarif  masih dalam bentuk draft, dan semoga dalam waktu 1 atau 2 bulan ke depan sudah bisa digunakan sebagai angkutan umum dalam kota," tuturnya.

Baca Juga: Diskusi Pemerintah dan Akademisi jadi Cara Wujudkan Pembangunan yang Baik

Menanggapi hal itu, warga Kota Kendari Sinar Rizky mengapresiasi Dinas Perhubungan Kota Kendari yang akan mengoperasikan bus translulo sebagai kendaraan umum dalam kota.

"Setahu saya, selama ini translulo dijadikan sebagai angkutan massal yang hanya beroperasi jika ada yang membutuhkan. Tetapi dengan rencana tersebut, masyarakat Kota Kendari bisa menikmatinya setiap hari," katanya.

Senada dengan Sinar Rizky, warga lain Dian Syahrani Pidani mengharapkan agar bus translulo bisa beroperasi secepatnya. Ia juga mengharapkan agar biaya atau tarif untuk bus translulo sesuai dengan kemampuan masyarakat. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga