Tsunami Tonga yang Ikut Menimpa Jepang Tak Sampai ke Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 17 Januari 2022
0 dilihat
Tsunami Tonga yang Ikut Menimpa Jepang Tak Sampai ke Indonesia
Terjangan gelombang tsunami yang terjadi di pesisir Tonga. Foto: Repro abc.net.au

" Tsunami yang menghantam Tonga tidak saja menyapu negara-negara kecil di Pasifik, tetapi juga sampai ke Amerika Serikat dan Jepang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tsunami akibat erupsi gunung api bawah laut di Tonga, Pasifik pada Sabtu (15/1/2022), tidak sampai ke wilayah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno, sebagaimana dikutip Suara.com yang melansir dari Antara, Senin (17/1/2022).

Tsunami yang menghantam Tonga tidak saja menyapu negara-negara kecil di Pasifik, tetapi juga sampai ke Amerika Serikat dan Jepang.

"Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh BMKG, letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan pers BMKG yang diterima di Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) sebelumnya menyampaikan bahwa erupsi gunung api bawah laut di Tonga berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua Nugini, dan Australia.

Menurut hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh PTWC, letusan gunung api tersebut menimbulkan tsunami setinggi 67 cm di Twofold Bay, Australia, pada Sabtu pukul 19.05 WIB dan memicu tsunami setinggi 20 cm di Lombrum Manus Island, Papua Nugini, pada hari yang sama pukul 20.00 WIB.

"Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Bambang.

Gunung api Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai di Tonga rutin mengalami erupsi dalam beberapa dekade terakhir, tetapi pada Sabtu gunung itu mengalami letusan yang sangat dahsyat.

Baca Juga:  China Siap Bangun Bulan Buatan untuk Eksperimen Gravitasi

Citra satelit menunjukkan gunung itu memuntahkan gumpalan asap ke udara dan membuat langit di atas Tonga menjadi gelap karena abu.

Letusan gunung api tersebut memicu penyampaian peringatan tsunami di Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

Sebelumnya, melansir kompas.com, kejadian tsunami itu membuat Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami.

Baca Juga: Penjara Ini Paling Enak, Tak Ada Penjagaan dan Disediakan Kamar Intim

Selain itu, lebih dari 210.000 warga di 7 perfektur untuk menjauh dari pantai.  (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga