Tuai Penolakan, PAN Buton Tetap Dukung Arhawi dan Rajiun Tumada

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 09 September 2020
0 dilihat
Tuai Penolakan, PAN Buton Tetap Dukung Arhawi dan Rajiun Tumada
Ketua DPD PAN Buton, Laode Rafiun. Foto: Repro google

" Kami DPD PAN Buton bertolak belakang dengan DPD PAN Kota Baubau yang telah sepakat mendukung Paslon lain. "

BUTON, TELISIK.ID - Sikap penolakan terhadap dua kader yang akan bertarung dalam Pilkada 9 desember 2020 mendatang, mendapat tanggapan dari Ketua DPD PAN Buton, Laode Rafiun.

Dua kader yang mendapat penolakan dari sejumlah pengurus PDP PAN di Sultra  tersebut adalah LM Rajiun Tumada di Pilkada Muna dan Arhawi di Wakatobi.

Sementara itu, DPD PAN Kabupaten Buton telah sepakat untuk memberikan dukungan penuh untuk memenangkan Rajiun Tumada dan Arhawi.

"Kami DPD PAN Buton bertolak belakang dengan DPD PAN Kota Baubau yang telah sepakat mendukung Paslon lain," ungkap Laode Rafiun, Rabu (9/9/2020).

"DPD PAN Buton akan mengikuti garis partai di mana DPP mengeluarkan kebijakan di situ, maka PAN Buton akan berada dan memenangkan pasangan itu," lanjutnya.

Baca juga: Pariwisata Konkep Tak Terkelola Baik, Pasangan MULYA Bakal Prioritaskan Wisata

Laode Rafiun menjelaskan, sikap pengurus DPD PAN Buton sebenarnya tidak ada niat untuk melakukan kubu-kubuan, karena DPD PAN Buton tidak memiliki hak suara di dua kabupaten itu.

Katanya, DPD PAN Baubau juga punya hak untuk mendukung Paslon lain, tetapi DPP PAN pusat lah yang mempunyai kewenangan sepenuhnya dalam menentukan Paslon yang akan didukung nanti.

"Putusan DPP yang memilih Rajiun Tumada dan Arhawi tentu telah melalui berbagai pertimbangan, apalagi ke dua figur tersebut bukan orang baru di PAN Sultra," katanya.

La Ode Rafiun kemudian menegaskan bahwa semua keputusan Zulkifli Hasan selaku pimpinan pusat yang mendukung dua pasangan tersebut pastilah telah melalui proses yang panjang dan sesuai dengan aturan partai dengan keyakinan untuk menang.

"Kemudian kami akan melakukan konsolidasi dengan tokoh politik di Muna juga Wakatobi," ungkapnya.

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

Baca Juga