Tujuh Parpol Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat 2024

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 15 April 2024
0 dilihat
Tujuh Parpol Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat 2024
Beberapa ketua partai mengantarkan La Ode Darwin untuk mengembalikan formulir pendaftaran di posko juang DPC PDI Perjuangan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Didukung oleh tujuh partai politik dan resmi mendaftar di PDIP Munq Barat, La Ode Darwin telah memenuhi 20 persen syarat KPU "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Didukung oleh tujuh partai politik dan resmi mendaftar di PDIP Munq Barat, La Ode Darwin telah memenuhi 20 persen syarat KPU.

Bakal calon (Balon) Bupati Muna Barat, La Ode Darwin mengatakan, dengan mengembalikan formulir pendaftaran di posko juang DPC PDI Perjuangan Muna Barat ini merupakan bentuk keseriusan dalam meminang PDI Perjuangan untuk bersama-sama pada proses Pilkada nanti.

"Komunikasi telah dilakukan baik ketua DPC Muna Barat, ketua DPD Sulawesi Tenggara, dan pengurusnya mendapat respon positif," ujarnya ke awak media, Senin (15/4/2024).

Baca Juga: Bachrun Ngotot Inginkan Asrafil Wakilnya, Demokrat Muna Tegaskan Jangan Harap Dapat Rekomendasi

Ia mengatakan, telah siap bertarung dan ia ingin menunjukan ke masyarakat Muna Barat bahwa ia telah didukung oleh berbagai partai politik, sehingga kursi yang menjadi syarat KPU telah melebihi 20 persen yang telah ditentukan.

Darwin mengaku bahwa ia baru mendaftar di PDI Perjuangan sebab tujuh partai politik lainnya yang telah mendukung tidak membuka penjaringan dan telah bulat mendukung dirinya sebagai bakal calon bupati Muna Barat.

Ketua DPC Partai Demokrat Muna Barat, Agung Darma mengatakan, partainya tidak akan membuka pendaftaran bakal calon Bupati di Muna Barat, karena sudah ada yang direkomendasikan untuk salah satu calon.

Agung menyebut, tidak dibukanya pendaftaran karena Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat sudah mengeluarkan surat tugas untuk bakal calon La Ode Darwin yang akan siap bertarung pada pemilihan bupati di Muna Barat.

“Tidak buka pendaftaran Demokrat karena DPP sudah mengeluarkan surat tugas untuk Darwin. Selanjutnya menunggu rekomendasi sebagai syarat pendaftaran di KPU,” katanya.

Hal ini berdasarkan perintah DPP kepada La Ode Darwin ada beberapa poin yaitu mencari partai koalisi agar terpenuhi persyaratan 20 persen, kemudian menentukan lembaga survei terbaru. Kemudian juga segera menetapkan calon wakil bupati agar diterbitkan rekomendasi sebagai syarat pendaftaran Di KPU.

Wakil Ketua II DPRD Muna Barat ini lebih lanjut menjelaskan, apa yang menjadi pernyataan tersebut merupakan hasil keputusan partai dan tentu dengan pertimbangan yang matang.

Terlebih, perolehan suara pada Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari lalu suara Demokrat di Mubar sangat signifikan, sehingga dari tiga dapil yang ada, Demokrat dipastikan mendapat jatah tiga kursi di DPRD.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Pertama Kembalikan Berkas di Demokrat

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Muna Barat, Mahmud Muhamad mengaku, telah ada beberapa bakal calon yang mengambil formulir, dua telah mengembalikan formulir pendaftaran tetapi baru La Ode Darwin yang melengkapi seluruh admnistrasi pendaftaran.

"Untuk menentukan arah persen keberpihakan PDI Perjuangan kepada bakal calon yakni dilihat dari ketentuan DPP PDIP," ujarnya.

Untuk diketahui, saat pengembalian formulir pendaftaran bakal calon bupati Muna Barat, La Ode Darwin bersama masyarakat Muna Barat, dengan mendapat dukungan tujuh partai yang ada Muna Barat yaitu, Nasdem, Golkar, PKB, PPP, PBB, Demokrat, dan Gerindra. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga